Pengaruh Penggunaan Media Chromebook Terhadap Motivasi Belajar Siswa

  • Agus Supriyadi
  • Abdul Muis Universitas Ibrahimy
  • Lolita Hidayati UIN Walisongo

Abstract

Seiring berjalannya teknologi yang terus berkembang, sekolah dianggap perlu untuk mengikuti perkembangan teknologi dalam hal sarana dan prasarana yang dipakai termasuk media pembelajaran. Dalam penelitian ini metode yang digunakan ialah jenis kuantitatif. Teknik analisis datanya ialah menggunakan analisis statistik deskriptif dan analilsis korelasi product moment. Untuk menguji hipotesis, menggunakan bantuan program SPSS versi 16.0. Sedangkan pengumpulan data, digunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi.. Setelah dilakukan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran chromebook bagi siswa termasuk kategori baik. Sedangkan untuk motivasi belajar siswa ketika menggunakan media pembelajaran chromebook, termasuk dalam kategori cukup. Sedangkan perhitungan pada tabel correlation pada SPSS dimana koefisien korelasi adalah 0,543 dengan signifikasi 0,000. Karena signifikasi <0,05, maka Ho ditolak berarti Ha diterima dan r hitung> r tabel 0,543 > 0,254. Kesimpulannya terdapat pengaruh yang sangat kuat penggunaan media pembelajaran chromebook terhadap motivasi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Asembagus

Published
2022-01-24
How to Cite
Supriyadi, A., Muis, A., & Hidayati, L. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Chromebook Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 6(2), 113-120. https://doi.org/10.35316/edupedia.v6i2.1578
Abstract viewed = 963 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 2005 times

Most read articles by the same author(s)