Pengaruh Penggunaan Media Chromebook Terhadap Motivasi Belajar Siswa
Abstract
Seiring berjalannya teknologi yang terus berkembang, sekolah dianggap perlu untuk mengikuti perkembangan teknologi dalam hal sarana dan prasarana yang dipakai termasuk media pembelajaran. Dalam penelitian ini metode yang digunakan ialah jenis kuantitatif. Teknik analisis datanya ialah menggunakan analisis statistik deskriptif dan analilsis korelasi product moment. Untuk menguji hipotesis, menggunakan bantuan program SPSS versi 16.0. Sedangkan pengumpulan data, digunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi.. Setelah dilakukan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran chromebook bagi siswa termasuk kategori baik. Sedangkan untuk motivasi belajar siswa ketika menggunakan media pembelajaran chromebook, termasuk dalam kategori cukup. Sedangkan perhitungan pada tabel correlation pada SPSS dimana koefisien korelasi adalah 0,543 dengan signifikasi 0,000. Karena signifikasi <0,05, maka Ho ditolak berarti Ha diterima dan r hitung> r tabel 0,543 > 0,254. Kesimpulannya terdapat pengaruh yang sangat kuat penggunaan media pembelajaran chromebook terhadap motivasi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Asembagus
Copyright (c) 2022 Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal approve to the terms below:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
![](/public/site/icon-graph.png)
![](/public/site/icon-pdf.png)