Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

The Manuscripts

Naskah harus menjadi makalah penelitian asli yang cukup memberikan kontribusi baru untuk pendidikan matematika. Penulis diminta untuk menyerahkan makalah mereka secara elektronik dengan menggunakan prosedur pengajuan online pada Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Penulis yang sesuai juga harus memberikan pernyataan bahwa naskah tersebut tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain. Editor akan mengabaikan pengiriman yang tidak mengikuti prosedur ini.

Structure of the manuscripts

  1. Judul artikel dalam bahasa Indonesia tidak boleh lebih dari 12 kata, dan judul artikel dalam bahasa Inggris tidak boleh lebih dari 10 kata. Judul dicetak dengan huruf kapital (center), dengan ukuran huruf 14 poin.
  2. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai nama dan alamat lembaga asal serta email. Penulis pertama, penulis kedua, penulis ketiga dan seterusnya ditulis secara berurutan dari nama, lembaga asal hingga email.
  3. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Panjang masing-masing abstrak maksimum 100-250  kata. Abstrak berisi tentang esensi isi keseluruhan tulisan yg dipaparkan secara gamblang, utuh dan lengkap. Kata kunci bisa berbentuk kata atau frase dan terdiri dari 4 – 7 kata/frase.
  4. Bagian Pendahuluan berisi latar belakang, konteks penelitian, hasil kajian pustaka, hasil penelitian sebelumnya (jika ada yang terkait atau penelitian lanjutan) dan tujuan penelitian. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraph-paragraf, dengan panjang 10-15% dari total panjang artikel.
  5. Bagian Metode Penelitian berisi paparan dalam bentuk paragraf tentang pendekatan atau jenis penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang secara nyata dilakukan oleh peneliti, dengan panjang 5-10% dari total panjang artikel.
  6. Bagian Hasil Penelitian berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian. Setiap hasil penelitian harus dibahas. Pembahasan berisi pemaknaan hasil dan pembandingan dengan teori dan/atau hasil penelitian sejenis. Panjang paparan hasil dan pembahasan 75-85% dari total panjang artikel.
  7. Bagian Kesimpulan/Penutup berisi temuan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa intisari hasil pembahasan. Simpulan disajikan dalam bentuk paragraf.
  8. Penggunan instrument pendukung (table, diagram) dilengkapi dengan sumber rujukan atau keterangan.
  9. Daftar Pustaka dan sumber-sumber yang dirujuk harus konsisten. Artinya daftar pustaka hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk dan sebaliknya. Adapun Pustaka yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi). Sedang untuk sitasi dan manajemen referensi wajib menggunakan aplikasi Mendeley.
  10. Manuscript Template dapat didownload pada bagian dashboard pada bagian samping ini.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.