PERBEDAAN KADAR HEMOGLOBIN DAN STATUS GIZI PADA PERSALINAN NORMAL DAN PREMATUR

  • Supratiknyo Supratiknyo Akademi Kebidanan Ibrahimy
  • Siti Mardiyah Akademi Kebidanan Ibrahimy
Keywords: Pregnant Women, Hemoglobin Levels, Nutritional Status

Abstract

Premature was the main cause of 60-80% neonatal morbidity and mortality worldwide. Hemoglobin (Hb) and low nutritional status in pregnant women was one of the factors that can affect preterm labor. This study aims to determine differences in hemoglobin levels and nutritional status in normal and premature birth in Abdoer Rahem Situbondo hospital. The design used a comparative analitic with cross sectional approach. The study population was normal and premature delivery was 68 mothers. The sampling method used total sampling with 68 respondents samples, data collection technique with medical record and implemented in 2015. The results showed that  there wa difference in Hb level and nutritional status in normal and premature labor. Chi-Square test results showed P-value = 0,000> 0.05 then H0 was ignored. So it can be concluded that there was a difference between hemoglobin levels and nutritional status in normal and premature labor.

 Keywords : Pregnant Women, Hemoglobin Levels, Nutritional Status.

ABSTRAK

 Prematur merupakan penyebab utama 60-80% morbiditas dan mortalitas neonatal di seluruh dunia. Hemoglobin (Hb) dan status gizi yang rendah pada ibu hamil salah satu faktor yang dapat mempengaruhi persalinan prematur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kadar hemoglobin dan status gizi di normal dan kelahiran prematur di rumah sakit Abdoer Rahem Situbondo. Desainnya adalah analitik komparatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah normal dan prematur ibu melahirkan adalah 68 ibu. Metode sampling yang digunakan adalah total sampling dengan sampel 68 responden, teknik pengumpulan data pengambilan dengan rekam medis dan dilaksanakan pada tahun 2015. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan dalam tingkat Hb dan status gizi di persalinan normal dan prematur. Hasil uji Chi-Square menunjukkan bahwa hasil dari Pvalue = 0,000> 0,05 maka H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara kadar hemoglobin dan status gizi di persalinan normal dan prematur.

Kata kunci           : Wanita Hamil, Kadar Hemoglobin, Status Gizi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-01
How to Cite
Supratiknyo, S. and Mardiyah, S. (2017) “PERBEDAAN KADAR HEMOGLOBIN DAN STATUS GIZI PADA PERSALINAN NORMAL DAN PREMATUR”, Oksitosin : Jurnal Ilmiah Kebidanan, 4(2), pp. 90-97. doi: 10.35316/oksitosin.v4i2.365.
Abstract viewed = 196 times
PDF downloaded = 258 times