KUALITAS ANTENATAL CARE DENGAN KEPUASAN IBU HAMIL

  • Azizatul Hamidiyah Prodi DIII Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibrahimy
  • Nur Hidayati Prodi DIII Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibrahimy
Keywords: Quality, Antenatal Care, Satisfaction

Abstract

One of the efforts to improve health of pregnant women is ensure that pregnant women routinely carry out antenatal care. The motivation of pregnant women to carry out routine pregnancy checks needs to be balanced with quality Antenatal Care (ANC) so that pregnant women are satisfied and motivated to make the next visit. The results of Banyuputih Public Health Center reported  for the past three years showed that K4 visits have decreased. Especially in 2016 to 2017, from 106% to 68%. So it is important to do research quality of ANC with satisfaction. The purpose of this study was to determine the relationship between the quality of ANC services and the satisfaction of pregnant women in Banyuputih Public Health Center in Situbondo District in 2018. This research method was quantitative with cross sectional design. The population in this study were pregnant women who had performed ANC services at Banyuputih Health Center during 2018. The sample in this study were 61 people. Data collection was done using primary and secondary data. This research instrument was a questionnaire using a Likert scale. Data analysis was performed using chi square test. The results showed that there was a relationship between service quality, dimensions of Reliability (0,000), Responsiveness (0,007), Assurance (0,016), Emphaty (0,001) and Tangible (0,016) with patient satisfaction

 Keywords : Quality, Antenatal Care, Satisfaction

ABSTRAK

Salah satu upaya peningkatan derajat kesehatan ibu hamil adalah dengan memastikan ibu hamil rutin melakukan pemeriksaan kehamilan. Motivasi ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin perlu diimbangi dengan pelayanan Antenatal Care (ANC) yang berkualitas agar ibu hamil puas dan termotivasi untuk melakukan kunjungan berikutnya. Hasil laporan Puskesmas Banyuputih selama tiga tahun terakhir menunjukkan kunjungan K4 mengalami penurunan. Khususnya pada tahun 2016 ke 2017 yaitu dari 106% menjadi 68%. Sehingga penting dilakukan penelitian tentang kualitas pelayanan ANC dengan kepuasan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan ANC dengan kepuasan ibu hamil di Puskesmas Banyuputih Kabupaten Situbondo Tahun 2018. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain crosssectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil yang telah melakukan pelayanan ANC di Puskesmas Banyuputih selama tahun 2018. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 61 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan data primer dan sekunder. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner menggunakan skala likert. Analisi data dilakukan menggunakan uji chi square.  Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara kualitas pelayanan yaitu dimensi Reliability (0,000), Responsiveness (0,007), asssurance (0,016), Emphaty (0,001) dan Tangible (0,016) dengan kepuasan pasien.

 Kata kunci : Kualitas, Antenatal Care, Kepuasan

 

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-01
How to Cite
Hamidiyah, A. and Hidayati, N. (2018) “KUALITAS ANTENATAL CARE DENGAN KEPUASAN IBU HAMIL”, Oksitosin : Jurnal Ilmiah Kebidanan, 5(2), pp. 119-125. doi: 10.35316/oksitosin.v5i2.353.
Abstract viewed = 493 times
PDF downloaded = 762 times