PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN RUKUN ISLAM DAN KUMPULAN DO’A BERBASIS ANDROID

  • Miftahur Rahman Universitas Muhammadiyah Jember
  • Moh. Dasuki Universitas Muhammadiyah Jember

Abstract

Pesatnya ilmu pengetahuan teknologi modern, seperti halnya smartphone pada era saat ini, tentunya ada dampak positif dan juga ada dampak negatifnya. Dampak positifnya, antara lain adalah kemudahan orang dalam memperoleh informasi, pengetahuan secara praktis dan dinamis. Sedangkan dampak negatifnya adalah dalam menggunakan smartphone itu sendiri, seperti membuka situs-situs yang tidak pantas dilihat oleh pengguna, kecanduan game online, sehingga terjadi malas belajar, menghambat dalam beraktifitas, dan lain sebagainya. Selain itu juga terdapat masalah yang signifikan yaitu banyak orang yang sudah melupakan rukun islam, banyak dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa belum mengetahui tentang rukun islam. Untuk menanggulangi masalah tersebut diusulkan solusi pembuatan aplikasi yang berisi informasi pengetahuan Rukun Islam yang ditambah fitur kumpulan do'a yang mana dengan dibuatkannya aplikasi rukun islam berbasis android ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat dalam mempelajari materi didalamnya. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan rekayasa perangkat lunak waterfall dan untuk pembuatan aplikasi ini menggunakan perangkat lunak yang open sourceyaitu bahasa pemrograman java dengan IDE Eclipse indigo . Sehingga dihasilkan program aplikasi media pembelajaran Rukun Islam dan Kumpulan Do'a berbasis android yang memudahkan masyarakat pada umumnya dalam mempelajari informasi pengetahuan Rukun Islam dan Kumpulan Do'a harian yang lebih bermanfaat.

References

N. Syafaat, Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika, 2012.

A. Rahma, “Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Aktifitas Kehidupan Siswa (Studi Kasus MAN 1 Rengat Barat),” Jom Fisip, vol. 2, no. 2, pp. 1–12, 2015.

F. Rozi, “Socials Experiment-Test Pengetahuan Rukun Islam & Rukun Iman,” 2021. https://www.youtube.com/watch?v=KAumYrwux4o (accessed Jun. 01, 2022).

A. Rofiq and Kusnawi, “Perancangan Aplikasi Pengenalan Dan Pendalaman Rukun Islam Berbasis Android,” DASI, vol. 13, no. 4, pp. 1–4, 2012.

D. Tresnawati, Y. Septiana, and A. Khofidin, “Aplikasi Edukasi Rukun Islam Untuk Anak dengan Pendekatan Multimedia Development Life Cycle,” Algoritma, vol. 16, no. 2, pp. 166–172, 2019.

R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Revisi. Bandung: Informatika, 2018.

M. B. Al-Habsyi, Fiqih Praktis (Menurut Al-Qur’an, As-Sunnah, dan Pendapat Para Ulama). Bandung: Mizan, 2000.

A. Gozali, Risalah Do’a Untuk Anak-Anak Bergambar. Surabaya: CV. Karya Utama, 2010.

Zinsari, Pengantar dBase III Aplikasi Interaktif dan Teknik Pemrograman, Ketiga. Yogyakarta: Andi Offset, 1987.

Binus University, “Apa Itu User Interface Design,” 2020. https://binus.ac.id/knowledge/2020/01/apa-itu-user-interface-design/ (accessed Jun. 01, 2022).

Syafnidawaty, “Black Box Testing,” 2020. https://raharja.ac.id/2020/10/20/black-box-testing/ (accessed Jun. 01, 2022).

Published
2022-07-12
How to Cite
Rahman, M., & Dasuki, M. (2022). PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN RUKUN ISLAM DAN KUMPULAN DO’A BERBASIS ANDROID. JUSTIFY : Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.35316/justify.v1i1.1958
Abstract viewed = 49 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 20 times