PENGARUH EMOSI TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATAKULIAH BIOKIMIA

  • Fifi Ratna Aminati Akademi Kebidanan Sukawati Lawang Malang
  • Niswatul Ma'rufah Akademi Kebidanan Sukawati Lawang Malang
Keywords: Emotion, Student Comprehention

Abstract

A good teaching and learning process and the fulfillment of adequate facilities must be prepared from the beginning for the realization of a quality Indonesian society. The individual administration of good education of each institution will determine how well the quality of society. Psychological factors are one of the factors that influence the learning process. The purpose of this study was to determine the effect of emotions on students' understanding of the biochemistry subjects at Sukawati Lawang Midwifery Academy. This type of research used a cross-sectional design. The population was taken from all students at Sukawati Lawang Midwifery Academy. Data obtained through questionnaires. Based on the results of the study using Spearman rank, it is known that the Emotion correlation coefficient on Student Understanding at  Sukawati Lawang Midwifery Academy 0.364 is greater than r table which is equal to 0.356. This showed  that students emotions had the closeness to students' understanding. While the significance value showed the number 0.044 <0.05. This meant that there is an Effect of Emotions on Student Understanding on Biochemical Courses at Sukawati Lawang Midwifery Academy.

Keyword : Keywords : Emotion, Student Comprehention.

ABSTRAK

Proses belajar mengajar yang baik dan pemenuhan fasilitas yang memadai, harus disiapkan sejak awal demi terwujudnya masyarakat Indonesia yang berkualitas. Administrasi individu pendidikan yang baik masing-masing institusi akan menentukan seberapa baik kualitas masyarakat. Faktor psikologis merupakan salah satu faktor yang berpengaruh pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu pengaruh emosi terhadap pemahaman mahasiswa pada mata kuliah  biokimia di AKBID Sukawati Lawang. Jenis penelitian ini mengunakan desain cross sectional. Populasi diambil dari semua mahasiswa di AKBID Sukawati Lawang. Data diperoleh melalui angket. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan spearman rank diketahui bahwa nilai koefisien korelasi Emosi Terhadap Pemahaman Mahasiswa di Akbid Sukawati Lawang 0.364 yang lebih besar dari r tabel yaitu sebesar 0.356. Hal ini menunjukkan bahwa emosional mahasiswa mempunyai keeratan terhadap pemahaman mahasiswa. Sedangkan nilai signifikansi menunjukkan angka 0,044< 0.05. Hal ini mempunyai arti bahwa ada Pengaruh Emosi Terhadap Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Biokimia di Akbid Sukawati Lawang.

Kata kunci: Kata kunci: Emosi, Pemahaman Siswa.

Published
2019-02-01
How to Cite
Aminati, F. R. and Ma’rufah, N. (2019) “PENGARUH EMOSI TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATAKULIAH BIOKIMIA”, Oksitosin : Jurnal Ilmiah Kebidanan, 6(1), pp. 50-63. doi: 10.35316/oksitosin.v6i1.344.
Abstract viewed = 27 times
PDF downloaded = 21 times