Sistem Informasi Geografis Untuk Meningkatkan Pengelolaan Data Keadaan Serangan Organisme Pengganggu Tanaman Berbasis WEB

  • Miftahul Arifin Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Wiraraja, Indonesia
  • Fauzi Helmi Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Wiraraja, Indonesia

Abstract

Sistem Informasi Geografis merupakan teknologi untuk mengelola, menganalisis dan menyebarkan informasi geografis yang berkaitan dengan letak posisi daerah yang terserang hama/penyakit dan informasi-informasi yang terkait. Kebutuhan informasi serangan OPT perlu ditingkatkan di setiap desa se-kecamatan Gayam agar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat setempat. Kondisi saat ini lokasi lahan yang terserang hama/penyakit belum merata sepenuhnya Faktor lokasi yang tak diketahui itulah menjadi komponen utama dalam persentase kunjungan atau pemanfaaatan serangan OPT. Seperti halnya Kecamatan Gayam. Banyak lahan yang terserang hama/penyakit yang tidak diketahui, sehingga mereka harus mendatangi satu persatu daerah mana saja yang terserang hama/penyakit.

Berdasarkan permasalahan yang ada, Adanya sistem informasi goegrafis dapat dijadikan sebuah solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada pertania. Masyarakat akan mudah menginformasikan daerah mana saja yang terserang hama/penyakit. Oleh karenanya diharapkan dapat mengatasi masalah-masalah daerah yang terserang OPT yang selama ini terjadi, hasil pengujian ini akan menjadi tolak ukur apakah sistem ini berjalan dengan baik atau tidak.

References

[1] Edy Irwansyah, Sistem Informasi Geografis Prinsip Dasar dan Pengembangan Aplikasi. (Yogyakarta: Digibook, 2013), hlm. 1.
[2] Teguh Budi Wibowo dan Sutikno, Prediksi Serangan Hama Pada Tanaman Padi Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation. (Semarang:2016), hlm. 93.
[3] Richard Eddy, “Aspek Legal Properti”, ANDI Yogyakarta, 2010.
[4] www.kbbi.web.id 2018. “Arti Kata Pengendalian”. 3 April.
Published
2024-01-13
How to Cite
Arifin, M., & Helmi, F. (2024). Sistem Informasi Geografis Untuk Meningkatkan Pengelolaan Data Keadaan Serangan Organisme Pengganggu Tanaman Berbasis WEB. JUSTIFY : Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy, 2(2), 173-177. https://doi.org/10.35316/justify.v2i2.4419
Abstract viewed = 93 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 103 times