Analisis dan Penerapan Algoritma K-Means Clustering Sebagai Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Pada Universitas Wiraraja

  • Iddrus Iddrus Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Wiraraja, Indonesia
  • Fauzi Helmi Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Wiraraja, Indonesia
Keywords: Data Mining, K-Means Clustering, Strategi Promosi

Abstract

Penerimaan mahasiswa baru di universitas wiraraja Madura telah menghasilkan sejumlah besar data dalam bentuk profil siswa yang terdaftar selama proses penerimaan mahasiswa baru. data yang diperoleh akan diolah menjadi informasi yang berharga untuk pengembangan rencana pemasaran berdasarkan pengelompokan sekolah mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis data dalam klasterifikasi promosi mahasiswa baru menggunakan data mining. Penelitian dilakukan menggunakan dataset yang berasal dari data penerimaan mahasiswa baru, pada penelitian ini metode yang digunakan algoritma K-Means Clustering. Jumlah Cluster ditentukan mengacu pada Davies Bouldin Index (DBI) dari beberapa percobaan. Didapatkan nilai terkecil dari DBI yaitu 0.878 pada nilai k=2 maka Cluster optimal yang digunakan berjumlah 2. Cluster_0/cluster pertama berjumlah 1460 yang merupakan Cluster Tinggi dan cluster_1/cluster kedua berjumlah 551 yang merupakan Cluster rendah. Perbandingan persentase kedua cluster adalah 73% : 23%. Promosi yang bisa dilakukan dengan memfokuskan dan meningkatkan promosi di kabupaten sumenep dengan memprioritaskan beberapa kecamatan yaitu Kota Sumenep, Kec Kepulauan, Kalianget dan Saronggi.

References

H. Hairani, D. Susilowati, I. Puji Lestari, K. Marzuki, and L. Z. A. Mardedi, “Segmentasi Lokasi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Metode RFM dan K-Means Clustering,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 21, no. 2, pp. 275–282, 2022, doi: 10.30812/matrik.v21i2.1542.

Novita Lestari Anggreini, “Teknik Clustering Dengan Algoritma K-Medoids Untuk Menangani Strategi Promosi Di Politeknik Tedc Bandung,” J. Teknol. Inf. dan Pendidik., vol. 12, no. 2, pp. 1–7, 2019.

R. Budiman and R. Anto, “Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Lokasi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Pada Universitas Banten Jaya (Metode K-Means Clustering),” ProTekInfo(Pengembangan Ris. dan Obs. Tek. Inform., vol. 6, no. 1, p. 6, 2019, doi: 10.30656/protekinfo.v6i1.1691.

C. Arum and D. Sukma, “Kluster K-Means Data Mahasiswa Baru Terhadap Program Studi Yang Dipilih,” pp. 136–143, 2014.

F. Nasari and S. Darma, “Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2015 PENERAPAN K-MEANS CLUSTERING PADA DATA PENERIMAAN MAHASISWA BARU (STUDI KASUS : UNIVERSITAS POTENSI UTAMA),” pp. 6–8, 2015.

R. Ordila, R. Wahyuni, Y. Irawan, and M. Yulia Sari, “PENERAPAN DATA MINING UNTUK PENGELOMPOKAN DATA REKAM MEDIS PASIEN BERDASARKAN JENIS PENYAKIT DENGAN ALGORITMA CLUSTERING (Studi Kasus : Poli Klinik PT.Inecda),” J. Ilmu Komput., vol. 9, no. 2, pp. 148–153, 2020, doi: 10.33060/jik/2020/vol9.iss2.181.

H. Annur, “Penerapan Data Mining Menentukan Strategi Penjualan Variasi Mobil Menggunakan Metode K-Means Clustering,” J. Inform. Upgris, vol. 5, no. 1, 2019, doi: 10.26877/jiu.v5i1.3091.

A. Agneresa, A. L. Hananto, S. S. Hilabi, A. Hananto, and T. Tukino, “Strategi Promosi Penerapan Data Mining Mahasiswa Baru Dengan Metode K-Means Clustering,” Dirgamaya J. Manaj. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 25–34, 2022, doi: 10.35969/dirgamaya.v2i2.275.

I. Mahmud, A. D. Indriyanti, and I. Lazulfa, “Penerapan Algoritma K-Means Clustering Sebagai Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Pada Universitas Hasyim Asy’ari Jombang,” Inovate, vol. 4, no. 2, pp. 20–27, 2020.

Y. R. Sari, A. Sudewa, D. A. Lestari, and T. I. Jaya, “Penerapan Algoritma K-Means Untuk Clustering Data Kemiskinan Provinsi Banten Menggunakan Rapidminer,” CESS (Journal Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 5, no. 2, p. 192, 2020, doi: 10.24114/cess.v5i2.18519.

M. R. Alhapizi, M. Nasir, and I. Effendy, “Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma K-Means Clustering Untuk Menentukan Strategi Promosi Mahasiswa Baru Universitas Bina Darma Palembang,” J. Softw. Eng. Ampera, vol. 1, no. 1, pp. 1–14, 2020, doi: 10.51519/journalsea.v1i1.10.

T. Hartati, O. Nurdiawan, and E. Wiyandi, “Analisis Dan Penerapan Algoritma K-Means Dalam Strategi Promosi Kampus Akademi Maritim Suaka Bahari,” J. Sains Teknol. Transp. Marit., vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2021, doi: 10.51578/j.sitektransmar.v3i1.30.

N. A. Rahmalinda and A. Jananto, “Penerapan Metode K-Means Clustering Dalam Menentukan Strategi Promosi Berdasarkan Data Penerimaan Mahasiswa Baru,” J. Tekno Kompak, vol. 16, no. 2, pp. 163–175, 2022.

Published
2023-07-10
How to Cite
Iddrus, I., & Helmi, F. (2023). Analisis dan Penerapan Algoritma K-Means Clustering Sebagai Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Pada Universitas Wiraraja. JUSTIFY : Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.35316/justify.v2i1.3205
Abstract viewed = 387 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 235 times