Sistem Informasi Administrasi Pelaporan Realisasi SKPD Berbasis Website Pada Bappeda Kabupaten Banyuwangi

  • Fitradyah Ika Wahyudi Universitas Ibrahimy
  • Achmad Baijuri Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Ibrahimy

Abstract

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) kabupaten banyuwangi merupakan lembaga teknis daerah dibidang penelitian dan perencanaan pembangunan daerah yang dipimpin oleh seorang kepala badan yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada bupati melalui sekretaris daerah.Pada BAPPEDA kabupaten banyuwangi setiap satuan kerja daerah (SKPD) harus melaporkan penggunaan anggaran atau laporan realisasi kepada BAPPEDA,setiap petugas SKPD menyerahkan laporan realisasi kepada sekretariat,apabila terjadi kesalahan dalam penyusunan laporan realisasi maka SKPD yang salah akan diinformasikan kembali dan harus membuat ulang dan mengulangi prosedur administrasi pelaporan realisasi,Hal ini kurang efektif,, Dengan Sistem Informasi berbasis wesite dengan metode waterfall, karena metode ini tahapan dan langkah demi langkah yang harus dilalui harus diselesaikan satu persatu dan berjalan secara berurutan, oleh karena itu disebut dengan metode waterfall (Air Terjun), untuk mempermudah dalam pengumpulan data maka digunakan metode observasi,wawancara, dan studi pustaka, Sistem Informasi di implemetasikan dengan bahasa pemograman PHP dan basis data MYSQL sebagai media penyimpanan data. Dari penelitian ini telah menghasilkan Sistem Informasi Administrasi Pelaporan Realisasi SKPD Berbasis Website pada Bappeda Kabupaten Banyuwangi.

References

N. Wayan, R. Sari, K. Sariana, K. M. Utami, I. Ayu, and R. Dewi, “ANALISIS REALISASI RINGKASAN DOKUMEN PELAKSANAAN PENDIDIKAN PROVINSI BALI,” vol. 7, no. 2, pp. 79–92, 2017.

J. F. Sinjal and I. G. Suwetja, “Analisis Pencatatan dan Pelaporan Laporan Realisasi Anggaran Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Pada Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Provinsi Sulawesi Utara,” vol. 6, no. 1, pp. 345–354, 2022.

S. Mewengkang, J; Sabijono, H; Pengerapan, “Kerja Perangkat Daerah ( SKPD ) Di KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW,” vol. 4, no. 71, pp. 817–825, 2016.

J. Informatika, K. Jik, V. N. Juli, and P. A. Rahayuningsih, “SKPD BERBASIS WEBSITE PADA BAPPEDA KABUPATEN KUBU,” vol. 6, no. 2, 2022.

U. Jenderal, A. Yani, J. Terusan, J. Sudirman, and J. Barat, “Perancangan sistem informasi pengarsipan surat berbasis web di kecamatan xyz,” vol. 4, no. 2, pp. 55–64.

Published
2024-01-11
How to Cite
Ika Wahyudi, F., & Baijuri, A. (2024). Sistem Informasi Administrasi Pelaporan Realisasi SKPD Berbasis Website Pada Bappeda Kabupaten Banyuwangi. JUSTIFY : Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy, 2(2), 167-172. https://doi.org/10.35316/justify.v2i2.3928
Abstract viewed = 69 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 70 times