Sistem Aplikasi Pencatatan Data Sampling pada Tambak CV Asia windu Kecamatan Paiton Probolinggo

  • Mochammad Faid Fakultas Teknik Informatika, Universitas Nurul Jadid, Indonesia
  • Ahmad Supriadi Fakultas Teknik Informatika, Universitas Nurul Jadid
  • Moh Sukron Fakultas Teknik Informatika, Universitas Nurul Jadid
Keywords: Sistem Informasi, Tambak, Data Sampling

Abstract

Proses pencatatan yang tersusun rapi dengan integrasi sistem yang baik, memudahkan dalam proses monitoring udang. Satu dari sekian banyak kegiatan yang wajib dilakukan pada Budidaya Udang adalah pelaksanaan pencatatan data sampling, sejauh ini hal tersebut sudah dijalankan secara manual yaitu pencatatan langsung pada notebook (buku catatan) hal ini penting untuk dilakukan guna mengetahui perkembangan budidya pada udang sejak mei 2016. Banyaknya sampling pada tambak udang belum dilakukan pendataan secara Autoatisasi komputer. Hal itu menjadi salah satu kelemahan atau masalah bagi suatu Perusahaan yang menangani banyak sampling seperti yang terjadi di tambak CV ASIAWINDU, seluruh data tersebut harus di dokumentasikan  mengingat banyaknya pencatatan sampling yang terjadi. Untuk menyelesaikan permasalahan – permasalahan yang terjadi di tambak CV ASIAWINDU tersebut maka perlu dipikirkan bagaimana cara untuk memberikan layanan  secara optimal pada petugas pencatat data udang. Permasalahan tersebut, dapat terpecahkan dengan membuat sistem informasi pengolahan data sampling sehingga dapat memberikan kemudahan pada tambak CV ASIAWINDU Sumberanyar khususnya kepada petugas pencatat sampling dalam mengolah data sampling.

References

[1] Badrudin, BUDIDAYA UDANG VANNAMEI Tambak Semi Intensif dengan Instalasi Pengolahan Air Limbah ( IPAL ), Jakarta Selatan: WWF-Indonesia, 2014.
[2] G. B. ., Growth of Cultured White Leg Shrimp Litopenaeus Vannamei, Tamilnadu: Pelagia Research, 2011.
[3] A. Karuppasamy, Effects on growth and survival of Litopenaeus vannamei culture special reference with temperature, India: Scholars Research Library, 2016.
[4] A.Sulthoni, Sistem Informasi E-Commerce Pemasaran Hasil Pertanian Desa Kluwan Berbasis Web, Semarang: Jurnal Sistem Informasi STEKOM, 2017.
[5] S. Hadi, Metodologi Research. Jilid II, Yogyakarta: Andi Offset, 1993.
[6] A. Prastowo, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian, Jogjakarta: Ar-ruzzmedia, 2012.
[7] R. S. Pressman, Software Engineering: A Practitioner's. Approach, New York: McGraw-Hill Book Company, 2001.
[8] I. H. Beta Sidik, Pemograman web dengan html . In I. H. Beta Sidik, Pemograman web dengan html, Bandung: Informatika Bandung, 2014.
[9] M. Yudi Priyadi, Kolaborasi SQL dan ERD dalam implementasi DataBase, yogyakarta: C.V ANDI OFFSET, 2014.
[10] B. Raharjo, Belajar Otodidak membuat database menggunakan mysql, Bandung: Informatika Bandung, 2011.
Published
2023-01-28
How to Cite
Mochammad Faid, Supriadi, A., & Sukron, M. (2023). Sistem Aplikasi Pencatatan Data Sampling pada Tambak CV Asia windu Kecamatan Paiton Probolinggo . JUSTIFY : Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy, 1(2), 100-109. https://doi.org/10.35316/justify.v1i2.2531
Abstract viewed = 191 times
PDF downloaded = 177 times