Analisis Sentimen Layanan Shopeefood Pada Twitter Dengan Metode K-Nearest Neighbor, Support Vector Machine, dan Decision Tree

  • Muhammad Zaki Farhan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Abstract

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

O. Riandiatmi and T. B. Joewono, “Persepsi Pengguna Terhadap Angkutan Online Di Kota Bandung,” J. Transp., vol. 18, no. 3, pp. 153–160, Dec. 2018.

P. Fakhriyah, “Pengaruh Layanan Transportasi Online (Gojek) Terhadap Perluasan Lapangan Kerja Bagi Masyarakat Di Kota Cimahi,” Comm-Edu (Community Educ. Journal), vol. 3, no. 1, p. 34, Jan. 2020.

F. N. Hasan, “Implementasi Sistem Business Intelligence Untuk Data Penelitian di Perguruan Tinggi,” Pros. Semin. Nas. Teknoka, vol. 4, no. 2502, pp. I1–I10, Nov. 2019.

S. Fitriani and F. N. Hasan, “Sistem Informasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Layanan Terhadap Alumni (Studi Kasus: Keluarga Mahasiswa Fakultas Teknik Uhamka),” Pros. Semin. Nas. Teknoka, vol. 5, no. 2502, pp. 93–100, Nov. 2020.

R. Gustini and F. N. Hasan, “Perancangan Sistem Aplikasi Monitoring Barang menggunakan Barcode Berbasis Android. (study kasus Toko Chacha cell ITC Cempaka mas),” Pros. Semin. Nas. Teknoka, vol. 5, no. 2502, pp. 87–92, Nov. 2020.

E. I. Pantoro, R. Jokom, and A. Harianto, “Harapan Dan Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Layanan Di Kantin Di Universitas Kristen Petra,” J. Hosp. dan Manaj. Jasa, vol. 5, no. 2, pp. 501–509, 2017.

S. F. Pratama, R. Andrean, and A. Nugroho, “Analisis Sentimen Twitter Debat Calon Presiden Indonesia Menggunakan Metode Fined-Grained Sentiment Analysis,” JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 4, no. 2, p. 39, May. 2019.

A. Nugroho, “Analisis Sentimen Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Naive Bayes Classifier Dengan Ekstrasi Fitur N-Gram,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 2, no. 2, pp. 200-209, Sep. 2018.

F. V. Sari and A. Wibowo, “Analisis Sentimen Pelanggan Toko Online Jd.Id Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier Berbasis Konversi Ikon Emosi,” J. SIMETRIS, vol. 10, no. 2, pp. 681–686, Nov. 2019.

A. K. Santoso, A. Noviriandini, A. Kurniasih, B. D. Wicaksono, and A. Nuryanto, “Klasifikasi Persepsi Pengguna Twitter Terhadap Kasus Covid-19 Menggunakan Metode Logistic Regression,” JIK (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 234–241, Jul. 2021.

H. Simorangkir and K. M. Lhaksmana, “Analisis Sentimen pada Twitter untuk Games Online Mobile Legends dan Arena of Valor dengan Metode Naïve Bayes Classifier,” e-proceeding of Englineering, vol. 5, no. 3, pp. 8131–8140, Dec. 2018.

L. O. Sihombing, H. Hannie, and B. A. Dermawan, “Sentimen Analisis Customer Review Produk Shopee Indonesia Menggunakan Algortima Naïve Bayes Classifier,” Edumatic J. Pendidik. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 233–242, Dec. 2021.

E. Indrayuni, “Klasifikasi Text Mining Review Produk Kosmetik Untuk Teks Bahasa Indonesia Menggunakan Algoritma Naive Bayes,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 7, no. 1, pp. 29–36, Jun. 2019.

H. Tuhuteru and A. Iriani, “Analisis Sentimen Perusahaan Listrik Negara Cabang Ambon Menggunakan Metode Support Vector Machine dan Naive Bayes Classifier,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 3, pp. 394–401, Sep. 2018.

L. R. Dharmawan, I. Arwani, and D. E. Ratnawati, “Analisis Sentimen pada Sosial Media Twitter Terhadap Layanan Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Universitas Brawijaya dengan Metode K- Nearest Neighbor,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 3, pp. 959–965, Mar. 2020.

A. P. Giovani, T. Haryanti, and L. Kurniawati, “Analisis Sentimen Aplikasi Ruang Guru Di Twitter Menggunakan Algoritma Klasifikasi,” vol. 14, no. 2, pp. 116–124, Jul. 2020.

A. P. Ayudhitama and U. Pujianto, “Analisa 4 Algoritma Dalam Klasifikasi Liver Menggunakan Rapidminer,” J. Inform. Polinema, vol. 6, no. 2, pp. 1–9, Feb. 2020.

T. Wiratama Putra, A. Triayudi, and A. Andrianingsih, “Analisis Sentimen Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Naïve Bayes, KNN, dan Decision Tree,” J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 6, no. 1, pp. 20–26, Jan. 2022.

Published
2023-01-22
How to Cite
Farhan, M. Z. (2023). Analisis Sentimen Layanan Shopeefood Pada Twitter Dengan Metode K-Nearest Neighbor, Support Vector Machine, dan Decision Tree. Jurnal Ilmiah Informatika, 7(2), 95-106. https://doi.org/10.35316/jimi.v7i2.95-106
Abstract viewed = 246 times
PDF downloaded = 492 times