Analisis Marketing Margin Dan Farmer’s Share Ikan Asin di Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo

  • Ismi Jazila Universitas Ibrahimy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Menganalisis saluran pemasaran, (2) menganalisis margin pemasaran dan farmer’s share ikan asin di Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini dilakukan di Desa Sumber Anyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan dua metode yaitu purposive sampling dan sensus sampling. Desa sample ditentukan dengan teknik purposive sampling dimana desa Karang Anyar merupakan salah satu desa sentra usaha ikan asin di Probolinggo. Penentuan sampel menggunakan sensus sampling. Terdapat 5 pengusaha ikan asin yang menjadi responden di desa Karang Anyar dengan scala usaha yang berbeda beda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 saluran pemasaran di lokasi penelitian yaitu saluran 1,  produsen – pedagang besar – konsumen akhir. Saluran 2. Produsen, pedagang pengumpul, pedagang pengecer, konsumen akhir; margin pemesaran terbesar terjadi pada saluran pemasaran 2 yaitu Rp 23.000 per kg. Hal tersebut karena lembaga pemasaran yang terlibat lebih banyak. Farmer’s share terbesar / bagian terbesar yang diterima produsen ikan asin terjadi pada saluran 1. Yaitu 52 %. Sedangkan nilai farmer’s share saluran 2 adalah 47 %. Sehingga dapat disimpulkan saluran pemasaran yang paling efisien terjadi pada saluran 2.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmarantaka, R.W. et al. (2017) ‘Konsep Pemasaran Agribisnis: Pendekatan Ekonomi Dan Manajemen’, Jurnal Agribisnis Indonesia, 5, pp. 151–172. Available at: https://journal.ipb.ac.id/index.php/jagbi/article/view/22140/14788 (Accessed: 4 May 2023).

Daryanto, A. et al. (2022) Tata Niaga Pertanian. 4th edn. Tangerang: Universitas Terbuka. Available at: https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/LUHT433303-M1.pdf (Accessed: 5 May 2023).

Djunaidah, I.S. (2017) ‘Tingkat Konsumsi Ikan Di Indonesia: Ironi Di Negeri Bahari’, Jurnal Penyuluhan Perikanan Dan Kelautan, 11, pp. 12–24. Available at: http://jppik.id/index.php/jppik/article/view/82/77# (Accessed: 5 May 2023).

Fajar, Salman and Tibrani (2014) ‘Analisis Agroindustri Dan Pemasaran Ikan Asin (Studi Kasus Di Desa Nelayan Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir)’, Jurnal Dinamika Pertanian, 29, pp. 283–294. Available at: https://migrasi.journal.uir.ac.id/index.php/dinamikapertanian/article/view/837/516 (Accessed: 5 May 2023).

Hasanuddin, I.C.N. (2021) Pengantar Tataniaga Pertanian. Deepublish. Available at: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=TIJqEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Pengantar+Tata+Niaga+Pertanian&ots=I-d6OidRdX&sig=hxKuqjJydxDpig8Q7aL208e2zok&redir_esc=y#v=onepage&q=Pengantar%20Tata%20Niaga%20Pertanian&f=false (Accessed: 5 May 2023).

Kotler, P. and Armstrong, G. (2008) Prinsip-Prinsip Pemasaran. 1st edn. Jakarta: Erlangga. Available at: http://reader.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/display/file/649/1/ (Accessed: 5 May 2023).

Nasrudin, W. and Musyadar, A. (2018) Pemasaran Produk Agribisnis. Jakarta: Kementerian Pertanian. Available at: https://repository.pertanian.go.id/server/api/core/bitstreams/c149da6c-e7b9-4781-8f03-c059b0b75611/content (Accessed: 5 May 2023).

Pelabuhan Perikanan Nusantara (2018) GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan): Upaya Peningkatan Gizi Sejak Dini, https://kkp.go.id/djpt/ppnsungailiat/artikel/6676-gemarikan-gemar-memasyarakatkan-makan-ikan-upaya-peningkatan-gizi-sejak-dini.

Riswandi, D.I. and Oktariza, W. (2015) ‘Analisis Margin dan Efisiensi Pemasaran Ikan Bandeng dan Ikan Tongkol di DKI Jakarta (Analysis Marketing Margin and Efficiency of Milkfish and Mackarel Tuna Fish at DKI Jakarta)’, Jurnal Sains Terapan, 5(1), pp. 60–73. Available at: https://doi.org/10.29244/jstsv.5.1.60-73.

Statistik KKP (2021a) Angka Konsumsi Ikan. Available at: https://statistik.kkp.go.id/home.php?m=aki&i=209#panel-footer (Accessed: 5 May 2023).

Statistik KKP (2021b) Volume Produksi Perikanan Per Propinsi. Available at: https://statistik.kkp.go.id/home.php?m=prod_ikan_prov&i=2#panel-footer-kpda (Accessed: 5 May 2023).

Sugiyono (2013) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, D. et al. (2020) ‘Analisis Finansial Dan Risiko Usaha Pengolahan Ikan Asin Teri Di Desa Gebang Mekar Kabupaten Cirebon’, Jurnal Investasi, 6(2), pp. 77–86.

Yunita, R., Syahril and Noviar, helmi (2021) ‘Analisis Perkembangan Farmer’s Share Dan Marketing Margin Padi Di Indonesia Tahun 2010 – 2020’, Jurnal Ekombis, 7(2). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.35308/ekombis.v7i2.4080.

Published
2023-05-13
How to Cite
Jazila, I. (2023). Analisis Marketing Margin Dan Farmer’s Share Ikan Asin di Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. Samakia : Jurnal Ilmu Perikanan, 14(1), 85-92. https://doi.org/10.35316/jsapi.v14i1.2943
Abstract viewed = 290 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 267 times