ANALISIS SOSIOLOGIS TERHADAP TINGGINYA PERCERAIAN AKIBAT PEMBERIAN DISPENSASI NIKAH (STUDI KASUS PENGADILAN AGAMA SITUBONDO KELAS IA)

  • Fitrotun Nisa’ Mahasiswa Prodi Hukum Universitas Ibrahimy
  • Ainun Najib Universitas Ibrahimy
  • Moh. Ali Hofi Universitas Ibrahimy
Keywords: Sosiologis, Perceraian, Dispensasi Nikah

Abstract

Banyak sekali faktor yang menjadi pertimbangan hakim sebelum mengeluarkan penetapan dispensasi nikah. Salah satu pertimbangan hakim adalah MBA (Married bya Accident) yang mana calon wanita hamil diluar nikah. Penelitian ini menggunakan penelitian yuridis empiris yang mana mengggabungkan antara Undang-undang dengan realita yang ada di masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dengan salah satu hakim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pemberian dispensasi nikah harus melewati beberapa tahap menyesuaikan alasan-alasan para pemohon untuk diterima atau tidaknya permohonan dispensasi nikah. faktor yang mendukung pernikahan dini adalah faktor ekonomi, kurangnya pendidikan, dan terjadinya hamil diluar nikah. Dampak negatif dari pemberian dispensasi nikah adalah terjadinya kekerasan rumah tangga dikarenakan emosi yang sangat labil yang mengakibatkan terjadinya perceraian. Dampak positif dari pemberian dispensasi nikah yaitu dapat meringankan beban orang tua, terhindarnya dari pergaulan bebas dan hamil diluar nikah.

References

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama, 2008), 335.

K. Wantjik Saleh, Hukum Perkawinan Indonesia (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1976), 26.

Taufik Hamami, Peradilan Agama dalam Reformasi Hakim di Indonesia, (Jakarta: PT Tata Nusa, 2013), 31

Pasal 20 dan Pasal 34 ayat (2) PP No. 9 Tahun 1975.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 9 Tahun 1975 Tentang Pelaksanaan

UndangUndang No 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan. Hasan, Pengantar Hukum Keluarga., 205

Laporan Perkara Tingkat Pertama Yang Diputus Di Pengadilan Agama Situbondo Kelas IA

Mardani, Hukum Islam: Kumpulan Peraturan Tentang Hukum Islam di Indonesia. Edisi Kedua (Jakarta: Kencana, 2013)
Published
2022-12-25
How to Cite
Nisa’, F., Najib, A., & Hofi, M. A. (2022). ANALISIS SOSIOLOGIS TERHADAP TINGGINYA PERCERAIAN AKIBAT PEMBERIAN DISPENSASI NIKAH (STUDI KASUS PENGADILAN AGAMA SITUBONDO KELAS IA). HUKMY : Jurnal Hukum, 2(2), 177-185. https://doi.org/10.35316/hukmy.2022.v2i2.177-185
Abstract viewed = 335 times
PDF downloaded = 349 times