Distribusi Muatan Kapal Trammel Net di Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap, Jawa Tengah

  • Siti Istiqomah Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, FPIK, IPB
  • Budhi Hascaryo Iskandar Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, FPIK, IPB
  • Domu Simbolon Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, FPIK, IPB
  • Dwi Putra Yuwandana Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, FPIK, IPB
  • Yopi Novita Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, FPIK, IPB

Abstract

Perairan Cilacap seringkali mengalami kondisi yang ekstrim dengan gelombang yang cukup besar karena perairan ini berhubungan langsung dengan Samudera Hindia. Kondisi perairan ini akan berdampak terhadap peristiwa kecelakaan kapal trammel net di sekitar perairan Cilacap. Kecelakaan kapal sebagai akibat faktor lingkungan ini memang sulit dikendalikan, akan tetapi faktor teknis seperti tata letak muatan yang mempengaruhi keseimbangan kapal trammel net dapat diperbaiki. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi tata letak muatan pada kapal trammel net di PPS Cilacap, menentukan pengaruh penempatan muatan terhadap keberadaan titik berat kapal dan memberikan rekomendasi distribusi muatan yang baik. Analisis yang digunakan yaitu analisis tata letak muatan pada kapal trammel net di PPS Cilacap, analisis pengaruh penempatan muatan terhadap keberadaan titik berat kapal, dan rekomendasi distribusi muatan yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distribusi atau tata letak muatan pada kapal trammel net di PPS Cilacap sebagian besar berada di atas lantai dek kapal. Nilai titik berat secara vertikal pada semua kondisi ketiga kapal yang diteliti tidak jauh berbeda karena adanya kompensasi dari hasil tangkapan dan perbekalan sedangkan titik berat secara horizontal sebagian besar ke arah haluan kapal. Penempatan muatan di bawah dek dan mendekati midship dapat meningkatkan keseimbangan kapal. Oleh karena itu, penempatan muatan berlebih di atas dek kapal sebaiknya dihindari.  Berdasarakan analisis nilai KG pada 3 kondisi distribusi muatan, kapal I memiliki kondisi stabilitas lebih baik dibandingkan dengan kapal lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyani RE. 2008. Stabilitas Statis Kapal Payang di Palabuhanratu pada Saat Membawa Hasil Tangkapan Minimum. Institut Pertanian Bogor.

Fyson JF. 1985. Design of Small Fishing Vessels. Food and Agriculture Organization of the United Nations by Fishing News Books.

Hind JA. 1982. Stability and Trim of Fishing Vessels and Other Small Ships. Second Edition. Wiley.

Iskandar BH, Rahayu RI. 2008. Stabilitas Statis Kapal Purse Seine Muncar (Studi Kasus Salah Satu Kapal Purse Seine di Muncar). Bul PSP. 17(2).

Kartini. 2000. Pengaruh Pemindahan Berat pada Stabilitas Kapal Rawai di Kecamatan Juana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Institut Pertanian Bogor.

Lincoln JM, Diana CSP, Hudson S, George MPH, Conway A, Pescatore MPHR. 2002. Proceedings of The International Fishing Industry Safety and Health Conference. hlm 465. www.cdc.gov/niosh.

Novita Y, Martiyani N, Ariyani RE. 2014. Kualitas Stabilitas Kapal Payang Pelabuhan Ratu Berdasarkan Distribusi Muatan. J IPTEKS PSP. 1(1):28–39.

Nurdin HS, Iskandar BH, Imron M, Novita Y. 2013. Tata Muatan dan Variasi Musim Penangkapan Pengaruhnya terhadap Stabilitas Purseseiner Bulukumba, Sulawesi Selatan. Mar Fish J Mar Fish Technol Manag. 4(2):183–193. doi:10.29244/jmf.4.2.183-193.

Nurdin HS, Iskandar BH, Imron M, Novita Y. 2017. PEengaruh Distribusi Muatan terhadap Satibilitas Kapal Purse Seine Modifikasi di Kabupaten Bulukumba. J IPTEKS PSP. 4(7):39–48.

Rahayu RI. 2006. Stabilitas Statis Kapal Purse Seine Muncar (Studi Kasus pada Salah Satu Kapal Purse Seine di Muncar). Institut Pertanian Bogor.

Rahmawati I. 2016. Distribusi Muatan dan Pengaruhnya terhadap Stabilitas Kapal. Institut Pertanian Bogor.

Sari RM. 2010. Stabilitas Statis Kapal Payang Madura (Kasus pada Salah Satu Kapal Payang di Pamekasan). Institut Pertanian Bogor.

Subani W, Barus. 1989. Alat Penangkapan Ikan dan Udang Laut di Indonesia. Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto A, Iskandar BH, Imron M. 2011. Stabilitas Statis Kapal Stattic Gear di Palabuhanratu (Studi Kasus KM PSP 01). Mar Fish. 2(1):65–73.

Suwardjo D, Haluan J, Jaya I, Poernomo SH. 2010. Kajian Tingkat Kecelakaan Fatal, Pencegahan dan Mitigasi Kecelakaan Kapal-Kapal Penangkap Ikan yang Berbasis Operasi di PPP Tegalsari, PPN Pekalongan dan PPS Cilacap. Maritek. 10(1):61–72. http://journal.ipb.ac.id/index.php/jtpk/article/view/16015.

Published
2023-05-02
How to Cite
Istiqomah, S., Iskandar, B. H., Simbolon, D., Yuwandana, D. P., & Novita, Y. (2023). Distribusi Muatan Kapal Trammel Net di Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap, Jawa Tengah. Samakia : Jurnal Ilmu Perikanan, 14(1), 26-38. https://doi.org/10.35316/jsapi.v14i1.2040
Abstract viewed = 190 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 303 times