IMPLEMENTASI MARKETING SYARIAH DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS PADA BUTIK SHOPHIE FASHION SUKOREJO SITUBONDO

  • jonwari
  • syarifuddin Universitas Ibrahimy
  • Alni Irawati Universitas Ibrahimy

Abstrak

Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Data primer adalah data yang diperoleh dari pemilik butik Shopie Fashion Sukorejo dan karyawan serta konsumen butik Shopie Fashion Sukorejo Situbondo. Data sekunder adalah buku-buku refrensi yang akan melengkapi dokumentasi yang telah ada. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, telaah, dokumen, dan observasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari perspektif marketing syariah, Karakteristik marketing syari’ah dalam menghadapi persaingan bisnis  yang diterapkan oleh Butik Shopie Fashion adalah ketuhanan (tauhid), yaitu dapat membentengi diri dengan nili-nilai spiritual. Akhlak yaitu dengan berperilaku baik dan simpatik, bersikap adil, jujur tidak curang dan bekerja secara profesional, realistis yaitu dengan fleksibel dalam bergaul, humanistis yaitu dengan menjadikan pembeli sebagai raja dan ramah kepada pelanggan. Dan cara butik shopie menghadapi persaingan yaitu dengan cara mmperluas pasar, promosi yang tepat, memiliki harga yang kompetetif dan melakukan pelayanan yang terbaik.

Diterbitkan
2020-02-28
Abstrak viewed = 569 times
pdf (English) downloaded = 1553 times