https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/idarah/issue/feed Al-Idarah : Jurnal Manajemen dan Bisnis Islam 2024-02-23T00:00:00+07:00 M. Zikwan alidarah.jurnal@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal “<em><strong>Al-Idārah</strong></em>” diterbitkan oleh Program Studi <strong>Manajemen dan Bisnis Syariah</strong> (<strong>MBS</strong>), <strong>Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam</strong>, <a href="https://ibrahimy.ac.id/"><strong>Universitas Ibrahimy Situbondo</strong></a> dengan nomor <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1582779548&amp;1&amp;&amp;">p-ISSN: 2721-3641</a> dan <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1582779548&amp;1&amp;&amp;">e-ISSN: 2721-3633</a> dengan tujuan sebagai media untuk menyalurkan pemikiran tentang aspek-aspek manajemen dan bisnis Islam, baik berupa hasil penelitian lapangan maupun studi pustaka. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari dan Agustus.</p> <p>Redaksi menerima naskah dari dosen, peneliti, praktisi, dan mahasiswa dengan ketentuan belum pernah diterbitkan dalam media lain dan mengikuti ketentuan penulisan seperti yang tercantum pada halaman lampiran jurnal. Naskah yang diterima redaksi akan dievaluasi dan disunting untuk keseragaman format, istilah, dan tata cara lainnya.</p> https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/idarah/article/view/4405 PEMANFAATAN TEKNOLOGI FINTECH BERBASIS AI DALAM LAYANAN KEUANGAN SYARIAH 2024-02-14T21:44:41+07:00 Ach. Zubairi dsn.fsei01@gmail.com <p>Dalam menghadapi perubahan dinamis di era digital, keuangan syariah mengalami transformasi melalui pemanfaatan teknologi finansial (fintech) berbasis kecerdasan buatan (AI). Artikel ini menyelidiki secara komprehensif pemanfaatan teknologi fintech AI dalam layanan keuangan syariah, dengan fokus pada dampak, potensi, dan tantangan yang dihadapi. Studi ini melibatkan analisis literatur, survei, wawancara, studi kasus, dan kajian regulasi. Hasil menunjukkan bahwa implementasi fintech AI meningkatkan efisiensi operasional dan aksesibilitas layanan, tetapi tantangan regulasi dan keamanan data memerlukan perhatian lebih lanjut. Artikel ini memberikan gambaran holistik mengenai evolusi keuangan syariah dalam era digital, dengan harapan dapat memberikan panduan bagi pemangku kepentingan dalam memahami dan menghadapi dinamika yang berkembang di sektor ini.</p> 2024-02-12T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Ach. Zubairi https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/idarah/article/view/4484 EFESIENSI ANGGARAN OPERASIONAL SEBAGAI ALAT PERENCANAAN PEMASARAN PRODUK PADA CV. AMDK BARIKLANA AL-AMIEN PRENDUAN 2024-02-11T19:07:51+07:00 Kamalina Zulfa Safiuddin kamalina467@gmail.com <p>The operational budget is the most important thing in improving a product. The company can get input in improving the operational budget to increase sales at CV. AMDK Barikna Al-Amien Prenduan and loyalty to a product. This research aims to analyze various factors in operational budgeting. This research will analyze operational budget planning factors and the role of operational budgets as a planning tool for bottled drinking water at CV. AMDK Barikna Al-Amien. This type of research is descriptive qualitative research, namely research that aims to understand a phenomenon experienced by research subjects. Data collection methods are interviews, observation and documentation. Interviews were conducted with AMDK Barikna Al-Amien staff. The research results show the factors that influence operational budget planning at CV. BARIKLANA is last year's profit and loss, company policies regarding marketing, service costs and marketing channels, the condition of competitors, the condition of the market environment, the economic condition of the market community. The role of the operational budget is expected to be controlled so that it can increase sales turnover based on planning and regular monitoring in line with the company's activities, where a profit and loss report is made every year and work evaluations are carried out every month.</p> 2024-02-23T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Kamalina Zulfa Safiuddin https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/idarah/article/view/4168 DAMPAK KENAIKAN HARGA JASA SEWA MOBIL TERHADAP OMSET PENDAPATAN RENTAL LANCAR JAYA TRANS SUKOREJO SITUBONDO 2024-02-14T21:51:58+07:00 Moh. Hafid hafidrahmanfull@gmail.com <p>In Sumberejo village, Banyuputih subdistrict, Situbondo regency, there are thirteen car rental service entrepreneurs who are exactly the same and operate in the transportation services sector, all of which provide and serve car rentals, tour packages, tours and travel, some even have additional drivers. Personally, from several services offered to consumers by all rental entrepreneurs in Sumberejo, there are differences regarding pricing, some provide cheap prices, and there are those who provide expensive prices, thus greatly affecting the income turnover of fellow rental entrepreneurs.</p> <p>The Sumberejo Situbondo Car Rental Association organization which is a combination of several car rentals in Sumberejo Village, which consists of entrepreneurs or rental owners, and the Drivers Association, in this association the main objective is to provide gatherings and coordination among rental entrepreneurs, how to regulate pricing matters. uniforms are not varied, carry out religious activities together, social activities, and other matters related to the transportation bureau.</p> <p>However, what has been agreed and stated in the deed of agreement between one entrepreneur and another rental entrepreneur is applied in the field in providing different pricing and continuing to use a cheaper approach, many consumers will be left behind and more expensive consumers will be left behind. This research uses qualitative field data analysis. The final conclusion from the research results is that price increases have a very positive effect on income turnover. Price differences have a very positive effect on income turnover.</p> 2024-02-12T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Moh. Hafid https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/idarah/article/view/4313 PROBLEMATIKA SISTEM EKONOMI ISLAM DI INDONESIA 2024-02-11T19:07:51+07:00 Shafa Diah Shafa Shafira diahshafa2@gmail.com Asyari Hasan asyari.hasan@uinjkt.ac.id Naura Azfa naura.azfa22@mhs.uinjkt.ac.id Siti Nurainuniisa4 siti.nurainuniisa22@mhs.uinjkt.ac.id Faturrahman patur.rahman22@mhs.uinjkt.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan mengkaji problematika sistem ekonomi Islam di Indonesia dengan fokus pada implementasi dan tantangan yang dihadapi dalam menerapkan prinsip-prinsip ekonomi Islam dalam konteks negara yang pluralis ini. Dalam menghadapi tantangan global dan lokal, Indonesia menghadapi kesulitan dalam mengintegrasikan prinsip-prinsip ekonomi Islam dengan sistem ekonomi nasional. Penelitian ini menganalisis kendala-kendala seperti kurangnya pemahaman masyarakat tentang ekonomi Islam, ketidakpatuhan regulasi terhadap prinsip-prinsip syariah, serta kendala infrastruktur dan pendidikan. Metode penelitian menggunakan analitis dan studi literatur, penelitian ini mencari solusi dan rekomendasi untuk memperkuat implementasi ekonomi Islam di Indonesia. Hasil penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang kompleksitas problematika ekonomi Islam di Indonesia dan menyajikan kerangka kerja yang dapat membantu pemangku kebijakan dan praktisi dalam mengatasi tantangan ini, memajukan ekonomi syariah, serta menciptakan masyarakat yang lebih berkeadilan dan inklusif sesuai dengan nilai-nilai Islam. Judul ini mengindikasikan adanya tantangan atau permasalahan yang mungkin dihadapi oleh sistem ekonomi Islam di Indonesia. Implikasinya adalah pentingnya untuk menilai apakah sistem tersebut dapat bertahan dan berkelanjutan dalam konteks ekonomi yang terus berkembang.</p> 2024-02-23T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Shafa Diah Shafa Shafira, Asyari Hasan, Naura Azfa, Siti Nurainuniisa4, Faturrahman https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/idarah/article/view/4547 ANALISIS MANAJEMEN PRODUKSI ARANG 2024-02-14T21:40:51+07:00 Ahmadi Ahmadidewi88@gmail.com Syarifuddin Syarifuddin syarifuddinahm@gmail.com Maimunah maimunah98@gmail.com <p><em>Home industry </em>produk arang UD. Cahaya Baru Desa Sumberkima yang kurang lebih telah didirikan selama 13 tahun, produk arang UD. Cahaya baru yang telah diperjual belikan selama ini berkualitas bagus, arang yang dibuat di UD. Cahaya Baru tidak menggunakan proses penyiraman. Penelitian ini akan meneliti tentang bagaimana analisis strategi manajemen produksi dalam meningkatkan kualitas produk arang di UD. Cahaya Baru serta apa saja faktor pendukung dan penghampat dalam meningkatkan kualitas produksi arang di UD. Cahaya Baru.</p> <p>Peneltian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian lapangan merupakan penelitian yang langsung dilakukan di lapangan, sehingga penelitian memperoleh kondisi nyata yang sesungguhnya di lapangan. Lokasi yang dipilih sebagai objek penelitian yaitu di UD. Cahaya Baru Desa Sumberkima Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng Bali. Dalam penelitian ini, penelitian menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.</p> <p>Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi manajemen produksi yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk adalah memperhatikan proses produksi, bahan baku, alat-alat yang digunakan aman untuk proses pembakaran dan keamanan kerja bagi karyawan serta memperhatikan berapa banyak jumlah arang yang akan di produksi. Faktor pendukung di UD. Cahaya Baru adalah adanya semangat dari karyawan dan tetangga sekitar, dukungan dari pemerintah setempat dan kualitas produk arang yang berkualitas&nbsp; sangat bagus sehingga pelanggan merasa puas dan memberikan respon yang positif bagi perusahaan. Sementara itu, faktor penghambat yaitu karyawan terkadang tidak disiplin, sehingga memperlambat proses produksi arang. Ketika permintaan meningkat, sedangkan bahan baku untuk produksi kurang mencukupi serta adanya pesaing dari luar bali yang memasarkan produk arangnya masuk ke daerah Bali.</p> 2024-02-12T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Ahmadi, Syarifuddin Syarifuddin; Maimunah https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/idarah/article/view/4277 MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI SMAQ DARUL FATTAH 2024-02-11T19:07:51+07:00 Zainul Ngali abuulya1234@gmail.com Fisman Bedi bangbedi@gmail.com A. Fauzan ahmad.fauzan@radenintan.ac.id <p>Komponen infrastruktur merupakan bagian dari sistem&nbsp; sekolah dan bagian dari akreditasi sekolah. Kehadiran pengelolaan sarana prasarana membantu dalam terlaksananya pembelajaran di sekolah secara efektif dan efisien. Jenis penelitian&nbsp; yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif, dengan tujuan untuk menyelidiki data informasi terkait prasarana dan ketersediaan serta pemeliharaan prasarana di Sekolah Menengah Atas Quran (SMAQ) Darul Fattah. Subyek yang digunakan dalam penelitian adalah kepala sekolah, pengelola sarana prasarana, pendidik, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu, peneliti menganalisis data menggunakan prosedur seperti reduksi data, penyajian data, dan inferensi. Analisis kebutuhan dan penilaian mandiri Sekolah Menengah Atas Quran (SMAQ) Darul Fattah menghasilkan fasilitas sebagai berikut: LCD Proyektor di Setiap kelas, papan tulis (whiteboard), AC, Rak/lemari penyimpanan yang luas. Buku, buku teks, bahan ajar. Sarana dan prasarana Sekolah Menengah Atas Quran (SMAQ) Darul Fattah, juga sangat baik karena proses analisis dan evaluasi sarana dan prasarana&nbsp; dipikirkan dengan matang. Seluruh warga sekolah wajib melakukan pekerjaan pemeliharaan untuk menjaga sarana dan prasarana yang tersedia bagi guru dan siswa dalam kondisi baik.</p> 2024-02-23T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Zainul Ngali, Fisman Bedi, A. Fauzan https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/idarah/article/view/4077 PENINGKATAN KUALITAS LEMBAGA AMIL ZAKAT BERDASARKAN PRINSIP MANAJEMEN HENRY FAYOL 2024-02-11T19:07:51+07:00 Arinal Haq rinalez08@gmail.com Dewi robiadawiyah03@gmail.com Rafli raflimaulamsyah@gmail.com Atok Syihabuddin atok2016@uinsa.ac.id <p>Lembaga Amil Zakat yang profesional sangat dibutuhkan dalam menjaga amanah dari dana yang diberikan oleh muzakki. Maka dari itu perlunya strategi dan metode untuk mencapai hal tersebut, sehingga lembaga amil zakat harus cerdik dalam mengelola sistem manajerial lembaga tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dari teori prinsip manajemen menurut Henry Fayol pada Lembaga Amil Zakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode literatur review atau studi literatur. Yang kemudian dikomparasikan terhadap prinsip manajerial secara umum yang berfokus pada Lembaga zakat sehingga menghasilkan ide-ide baru. Pengumpulan datanya didapat dari beberapa sumber baik jurnal, dokumentasi, pustaka dan website. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya dalam menjalankan suatu lembaga dibutuhkan manajemen sumberdaya insani. Dengan menggunakan prinsip-prinsip manajemen Henry Fayol dapat mempermudah pelaksanaan program kerja dari suatu Lembaga Amil Zakat.</p> 2024-02-23T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Arinal Haq, Dewi, Rafli, Atok Syihabuddin https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/idarah/article/view/4589 SUMBER DAYA INSANI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN 2024-02-11T19:07:52+07:00 Mizani Sukma Fitri mizanifitri@gmail.com Abd. Rahman Abdrhm98@gmail.com Muhammad Jufri m.jufritujuhtiga@gmail.com <p>Human Resource Development, the potential to carry out an effort to improve and increase employee competence and performance which is one source of competitive advantage as the main and important key element in order to achieve success in competing and achieving goals. Service quality is one of the main tools for achieving the success of a company. Quality service is the existence of a service system that is oriented to the interests of customers or service users.</p> <p>This type of research is field research with qualitative descriptive methods. This research uses two types of data sources, namely primary data and secondary data. The data collection techniques use interview, observation and documentation techniques.</p> <p>From the research results, it can be seen that the analysis of human resource development strategies in improving the quality of service at Supermarket 1 Assyarif is to carry out Human Resources Management, Recruitment, Motivation, Development and Training, Maintaining Relationships and Work Atmosphere, Performance Assessment, and Compensation.</p> 2024-02-23T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Mizani Sukma Fitri, Abd. Rahman, Muhammad Jufri https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/idarah/article/view/3724 PENGARUH FINANCIAL LITERACY, RISK TOLERANCE, DAN OVERCONFIDENCE TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI SYARIAH DI KOTA PADANG 2024-02-11T19:07:52+07:00 Ivo Margasie ifvomargase09@gmail.com Romi Iskandar romiiskandar20@gmail.com Faznil Husna. S Rasyad faznilhusna@uinib.ac.id <p>Penelitian ini berujuan untuk mengetahui pengaruh <em>Financial Literacy, Risk Tolerance,</em> dan <em>Overconfidence</em> terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Syariah di Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau dengan pendekatan kuantitatif. Data yang diolah adalah data primer. Pengambilan sampel menggunakan teknik <em>non-probality</em> sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan program aplikasi pengelolaan data SPSS (Statistical Package Social Sciences) versi 26. &nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel <em>financial literacy </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi. Variabel <em>risk tolerance </em>berpengaruh positif dan tidak signifikan. Variabel <em>overconfidence</em> berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan investasi. Secara simultan menunjukkan bahwa <em>financial literacy, risk tolerance,</em> dan <em>overconfidence</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi syariah di Kota Padang.</p> 2024-02-23T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Ivo Margasie, Romi Iskandar, Faznil Husna. S Rasyad https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/idarah/article/view/3960 ANALISIS PELAYANAN PEDAGANG TERHADAP KONSUMEN DI TINTAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Toko Sembako di Kelurahan Ganjar Asri) 2024-02-11T19:07:52+07:00 Synthia Puspitasari synthiapuspitasari12@gmail.com Dofriyansyah Mentino dofriansyahmentino@gmail.com Lilis Renfiana lilisrefiana@metrouniv.ac.id <p>Service quality is a strategy that is used to attract consumers which is applied so that the desire to create satisfaction for consumers is realized. If the quality of service in each business is carried out well, this will provide a positive outlook and can increase consumer buying interest. But humans need to remember that not all resources can be used because humans are bound by ethics. Islam teaches its adherents to be guided by Islamic teachings or Islamic business ethics, including when it comes to doing business.</p> <p>This research is descriptive qualitative in nature using interviews, documentation and observational data collection techniques. With the aim of finding out which shop has the best service quality. Based on the research results and discussions in the research, 2 shops have been found that fit the criteria, namely Bu Dwi Shop and Syifa Shop. It can be concluded that Toko Bu Dwi has implemented the principles of Islamic business ethics well, namely by implementing the principles of free will, responsibility, monotheism and ihsan. Meanwhile, the Syifa Shop cannot fulfill the principles of Islamic business ethics properly because the shop can only fulfill the three principles of free will, responsibility and ihsan.</p> 2024-02-23T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Synthia Puspitasari, Dofriyansyah Mentino, Lilis Renfiana