PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN CEPAT SAJI DI RUMAH MAKAN BAK VIKA BANGKALAN
Abstract
Dalam berperilaku, konsumen tidak hanya mengambil keputusan pembelian sesuai dengan keinginan saja, akan tetapi sangat perlu para konsumen memperhatikan prinsip-prinsip dan etika dalam pengambilan keputusan pembelian makanan cepat saji. Misalnya memilih makanan yang halal, proses produksi yang baik dan benar, serta tidak berlebihan, harus sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan populasi penelitian ini adalah konsumen dan produsen diobjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakaninteraksi yang dimulai dari pemgumpulan data, reduksi data, dan penyajian data.
Hasil penelitian menunjukkan mayoritas konsumen rumah makan bak Vika dalam pengambilan keputusan pembeliannya sangat memeperhatikan produsen yang menggunakan etika bisnis Islam. Karena dengan produsen yang menggunakan etika akan memberi efek yang baik kepada konsumen dan jika, salah dalam mengelolanya khususnya dalam makanan cepat saji akan berdampak halal haramnya makanan tersebut. Hal-hal yang menjadi faktor dalam pengambilan keputusan pembelian di rumah makan bak Vika antara lain: kebudayaan, pengalaman, kelas sosial, dan kelompok referensi kecil.
Copyright (c) 2024 Ummal Khoiriyah, Risma Fahrul Amin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.