MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI SMAQ DARUL FATTAH
MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI SMAQ DARUL FATTAH
Abstract
Komponen infrastruktur merupakan bagian dari sistem sekolah dan bagian dari akreditasi sekolah. Kehadiran pengelolaan sarana prasarana membantu dalam terlaksananya pembelajaran di sekolah secara efektif dan efisien. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif, dengan tujuan untuk menyelidiki data informasi terkait prasarana dan ketersediaan serta pemeliharaan prasarana di Sekolah Menengah Atas Quran (SMAQ) Darul Fattah. Subyek yang digunakan dalam penelitian adalah kepala sekolah, pengelola sarana prasarana, pendidik, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu, peneliti menganalisis data menggunakan prosedur seperti reduksi data, penyajian data, dan inferensi. Analisis kebutuhan dan penilaian mandiri Sekolah Menengah Atas Quran (SMAQ) Darul Fattah menghasilkan fasilitas sebagai berikut: LCD Proyektor di Setiap kelas, papan tulis (whiteboard), AC, Rak/lemari penyimpanan yang luas. Buku, buku teks, bahan ajar. Sarana dan prasarana Sekolah Menengah Atas Quran (SMAQ) Darul Fattah, juga sangat baik karena proses analisis dan evaluasi sarana dan prasarana dipikirkan dengan matang. Seluruh warga sekolah wajib melakukan pekerjaan pemeliharaan untuk menjaga sarana dan prasarana yang tersedia bagi guru dan siswa dalam kondisi baik.
Copyright (c) 2024 Zainul Ngali, Fisman Bedi, A. Fauzan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.