MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI SMAQ DARUL FATTAH

MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI SMAQ DARUL FATTAH

  • Zainul Ngali PASCA SARJANA UIN RADEN INTAN LAMPUNG
  • Fisman Bedi Pasca Sarjana UIN Raden Intan Lampung
  • A. Fauzan Pasca Sarjana UIN Raden Intan Lampung

Abstrak

Komponen infrastruktur merupakan bagian dari sistem  sekolah dan bagian dari akreditasi sekolah. Kehadiran pengelolaan sarana prasarana membantu dalam terlaksananya pembelajaran di sekolah secara efektif dan efisien. Jenis penelitian  yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif, dengan tujuan untuk menyelidiki data informasi terkait prasarana dan ketersediaan serta pemeliharaan prasarana di Sekolah Menengah Atas Quran (SMAQ) Darul Fattah. Subyek yang digunakan dalam penelitian adalah kepala sekolah, pengelola sarana prasarana, pendidik, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu, peneliti menganalisis data menggunakan prosedur seperti reduksi data, penyajian data, dan inferensi. Analisis kebutuhan dan penilaian mandiri Sekolah Menengah Atas Quran (SMAQ) Darul Fattah menghasilkan fasilitas sebagai berikut: LCD Proyektor di Setiap kelas, papan tulis (whiteboard), AC, Rak/lemari penyimpanan yang luas. Buku, buku teks, bahan ajar. Sarana dan prasarana Sekolah Menengah Atas Quran (SMAQ) Darul Fattah, juga sangat baik karena proses analisis dan evaluasi sarana dan prasarana  dipikirkan dengan matang. Seluruh warga sekolah wajib melakukan pekerjaan pemeliharaan untuk menjaga sarana dan prasarana yang tersedia bagi guru dan siswa dalam kondisi baik.

Diterbitkan
2024-02-23
Abstrak viewed = 133 times
Pdf (English) downloaded = 110 times