PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN CEPAT SAJI DI RUMAH MAKAN BAK VIKA BANGKALAN

  • Ummal Khoiriyah Universitas Ibrahimy
  • Risma Fahrul Amin Universitas Ibrahimy
Keywords: Etika Bisnis Islam, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian Produk

Abstract

Dalam berperilaku, konsumen tidak hanya mengambil keputusan pembelian sesuai dengan keinginan saja, akan tetapi sangat perlu para konsumen memperhatikan prinsip-prinsip dan etika dalam pengambilan keputusan pembelian makanan cepat saji. Misalnya memilih makanan yang halal, proses produksi yang baik dan benar, serta tidak berlebihan, harus sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan populasi penelitian ini adalah konsumen dan produsen diobjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakaninteraksi yang dimulai dari pemgumpulan data, reduksi data, dan penyajian data.
Hasil penelitian menunjukkan mayoritas konsumen rumah makan bak Vika dalam pengambilan keputusan pembeliannya sangat memeperhatikan produsen yang menggunakan etika bisnis Islam. Karena dengan produsen yang menggunakan etika akan memberi efek yang baik kepada konsumen dan jika, salah dalam mengelolanya khususnya dalam makanan cepat saji akan berdampak halal haramnya makanan tersebut. Hal-hal yang menjadi faktor dalam pengambilan keputusan pembelian di rumah makan bak Vika antara lain: kebudayaan, pengalaman, kelas sosial, dan kelompok referensi kecil.

Published
2024-08-03
How to Cite
Khoiriyah, U., & Amin, R. F. (2024). PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN CEPAT SAJI DI RUMAH MAKAN BAK VIKA BANGKALAN. Al-Idarah : Jurnal Manajemen Dan Bisnis Islam, 5(2), 74-87. https://doi.org/10.35316/idarah.2024.v5i2.74-87
Abstract viewed = 52 times
Pdf downloaded = 45 times