Pemanfaatan Media Pembelajaran Bahasa Inggris di Asrama Bahasa Syu’banul Lughoh Al Khoiriyah Menggunakan Software Adobe Flash

  • Ahmad Lutfi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ibrahimy, Indonesia
  • St. Shofiyah Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Ibrahimy, Indonesia
  • Lika Hanifa Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ibrahimy, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran agar dapat dijadikan media tambahan belajar di Asrama Bahasa Syu’batul Lughoh Al-Khoiriyah (SLK) serta merancang dan mendesain media pembelajaran yang bermanfaat untuk tutor dan siswi. Aplikasi ini merancang dan mendesain sebuah media pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswi di Asrama Bahasa Syu’batul Lughoh Al-Khoiriyah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dimana dalam metode ini terdapat lima tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, dan testing. Manfaat dari media pembelajaran ini adalah dapat membantu perkembangan proses belajar mengajar di SLK dan dapat mempermudah tutor SLK dalam memberikan materi kepada siswi.

References

[1] Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital – Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi Offset.
[2] Denny Riska Novitasari. 2010. “Pembangunan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa Kelas 1 Pada Sekolah Dasar Negeri 15 Sragen”. Dalam Jurnal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi. Universitas Surakarta.
[3] Faizah Dinar. 2014. “Pembuatan User Interface dan Animating pada Media Pembelajaran Interaktif Idiom Bahasa Inggris”. Dalam Jurnal Multinetics. Politeknik Negeri Jakarta.
[4] K, Ichwan. 2015. Membuat Metode Pembelajaran Dengan Adobe Flash CS6. Yogyakarta: Andi Offset.
[5] Linda Kartika Sari. 2013. “Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas II”. Dalam Jurnal Seminar Unggulan Nasional Informatika dan Komputer. Universitas Surakarta.
[6] Muhammad Ahmad Jumasa dkk. 2016. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Pembelajaran Teks Recount di MtsN II Yogyakarta”. Dalam Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
[7] Oka, Arya. 2017. Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish
[8] Ryandi Surya Gautama dkk. 2013. “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Pada Bimbel Excellence”. Dalam Jurnal Teknik Informatika. STMIK GI MDP.
[9] Siti Maesaroh. 2015. “Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Pengenalan Huruf & Membaca Berbasis Multimedia untuk Sekolah Dasar”. Dalam Jurnal Sisfotek Global. STMIK Bina Sarana Global.
[10] Siti Shofiyah. 2019. “Pengembangan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Komponen Multimedia Pada Pelajaran PAI Kelas VII SMPN 1 Banyuputih”. Universitas Ibrahimy Sukorejo.
Published
2022-07-23
How to Cite
Lutfi, A., Shofiyah, S., & Hanifa, L. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Bahasa Inggris di Asrama Bahasa Syu’banul Lughoh Al Khoiriyah Menggunakan Software Adobe Flash. JUSTIFY : Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy, 1(1), 43-50. https://doi.org/10.35316/justify.v1i1.2102
Abstract viewed = 41 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 12 times