Pembuatan Pola Tulisan Tangan Melalui Webcam Dengan Metode L*a*b* Color Space

  • Sahwari Sahwari Pendidikan Teknologi Informasi, STKIP PGRI SITUBONDO, Situbondo, Indonesia
  • Untung Jasuli Teknik Informatika, STIKOM PGRI, Banyuwangi, Indonesia

Abstract

Kemajuan teknologi membuat sebuah perangkat komputer memiliki kemampuan yang tinggi untuk meningkatkan kinerja dalam pengolahan data menjadi informasi. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan teknologi tersebut untuk memasukkan data kedalam komputer. Banyak sekali teknik yang dapat memudahkan pengguna untuk memasukkan data ke dalam komputer salah satunya adalah menggunakan webcam untuk pengambilan gambar yang selanjutnya bisa diproses atau disimpan dalam komputer. Tidak menutup kemungkinan bagi seorang pengguna yang awalnya melakukan pembuatan pola tulisan tangan menggunakan touch screen atau menggunakan mouse, sekarang menggunakan webcam sebagai alat input pembuatan pola tulisan tangan tersebut.

Untuk itulah perlu diadakan penelitian untuk membuktikan kemungkinan tersebut yaitu pengenalan pola dari isyarat yang diberikan pengguna melalui webcam dengan warna sebagai acuan untuk penulisan pola. Pola tersebut ditulis melalui webcam menggunakan acuan warna yang diklasifikasikan dengan metode L*a*b* color space berdasarkan karakteristik warna yang telah dipilih.

Dalam penelitian ini telah dihasilkan aplikasi yang mampu melakukan pembuatan pola tulisan tangan yang diisyaratkan melalui webcam berdasarkan warna sebagai acuan untuk melakukan pembuatan pola tulisan tangan.

References

[1] Yuan, Miaolong, dkk. 2009, Robust Hand Tracking Using a Simple Color Classification Tehnique, Singapore.
[2] Putra, Darma, 2010, Pengolahan Citra Digital, Yogyakarta.
[3] Heryana Ali Ahmad, Pengenalan Bahasa C#. Jakarta. 2004.
[4] Prasetyo, Didik Dwi, 2006, Pemrograman Aplikasi Database dengan Visual Basic .Net 2005 dan MS Access, Jakarta..
Published
2022-07-13
How to Cite
Sahwari, S., & Jasuli, U. (2022). Pembuatan Pola Tulisan Tangan Melalui Webcam Dengan Metode L*a*b* Color Space. JUSTIFY : Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy, 1(1), 8-16. https://doi.org/10.35316/justify.v1i1.1993
Abstract viewed = 39 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 13 times