PENINGKATAN MINAT KONSUMEN MELALUI STRATEGI PEMASARAN

Peningkatan Minat Konsumen Melalui Strategi Pemasaran

  • Nisfiyah Alviana Universitas Ibrahimy
  • Ahmadi Universitas Ibrahimy
  • Moh. Asra Universitas Ibrahimy

Abstrak

UMKM merupakan salah satu ikhtiar untuk memperoleh ridha Allah SWT. Sehingga UMKM sangat berperan dalam memajukan perkembangan perekonomian khususnya di Indonesia. Peran yang sangat strategis dalam membangun perekonomian nasional dapat dinilai dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat, penyerapan tenaga kerja juga dalam pendistribusian hasil-hasil produksi.Fokus masalah yang akan diteliti yaitu tentang bagaimana strategi pemasaran dalam peningkatan minat konsumen dalam pembelian telur asin, serta faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan kendala dalam penerapan strategi yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa dengan memperhatikan dan menjaga perpaduan antara produk yang menggunakan produk yang berkualitas dari segi telur yang diproduksi menjadi telur asin, harga yang diberikan termasuk harga yang terjangkau dari semua kalangan, tempat usaha termasuk tempat yang mudah dijangkau oleh para konsumen, dan promosi yang digunakan melalui media sosial, mulut ke mulut, serta baner. Faktor pendukung diantaranya pelayanan yang ramah kepada konsumen dan menyediakan produk yang berkualitas untuk kepuasan konsumen serta memberikan harga yang standar untuk semua kalangan. Sedangkan faktor kendala di usaha telur asin adalah stok bebek mengurang jika di musim hujan dan kemarau dan banyaknya kompetitor, sehingga membuat konsumen kurang berminat terhadap produk yang dijual oleh usaha telur asin.

Diterbitkan
2024-07-25
Abstrak viewed = 74 times
Pdf (English) downloaded = 67 times