Kontrol diri dan kepribadian ekstrovert dengan impulsive buying pada individu yang melakukan belanja online

  • Finanin Nur Indana Universitas Ibrahimy Situbondo
  • Elfa Khorifa Izlia Aqnuri Universitas Ibrahimy Situbondo
Keywords: Extrovert Personality;, Impulsive Buying;, Self Control

Abstract

This study aims to to know whether there is a self control and relations with impulsive buying extroverted personality.A subject in this research expenditure those who do online.Using a technique purposive sample taken with the sampling method of and wear the theory table of isaac & amp; michael in determining the number of respondents sample and obtained 272.The analysis used namely linear regression and the worship of idols and from the results of the analysis indicates that the existence of a significant relation exists between self control and extroverted personality with impulsive to be buying to the expenditure.In addition self control and extroverted personality makes a contribution effective as much as 13.5 % of impulsive buying and the rest 86.5 % influenced by a factor of who have not yet researched by researchers.

References

Alwisol. (2004). Psikologi kepribadian. UMM Press.

Aprilia, L., & Nio, S. R. (2019). Hubungan antara kontrol diri dengan kecenderungan impulsive buying pada mahasiswa. Jurnal Riset Psikologi.

Arisandy, D. (2017). Kontrol diri ditinjau dari impulsive buying pada belanja online. Jurnal Ilmiah Psyche, Vol.11 No.1, 63–74.

Arisandy, D., & Hurryati, D. (2017). Hubungan antara kontrol diri dengan impulsive buying pada mahasiswi Fakultas Psikologi di Perguruan Tinggi wilayah Palembang yang melakukan belanja online. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Kesehatan, Vol 3, No.1.

Balik, D., & Tupamahu, F. A. S. (2020). Efek moderasi kontrol diri pada hubungan sifat materialisme terhadap pembelian impulsive online. Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis, Vol. 1, No. 2.

Edy, I. C., & Haryanti, S. S. (2018). Impulsive buying behavior pada konsumen online. Prosiding : The National Conferences Management and Business (NCMAB).

Effendi, U. (2016). Psikologi konsumen. Rajawali Pers.

Elnina, D. R. (2022). Kemampuan self control mahasiswa ditinjau dari perilaku impulsive buying terhadap produk fashion. Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi, 2, (1).

Firhan, R., & Nio, S. R. (2021). Hubungan regulasi diri dengan pembelian impulsif remaja putri bukittinggi terhadap produk pakaian. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (2), 3737-3743.

Handayani, A., Maryanti, S., & M, S. (2018). Pengaruh tipe kepribadian terhadap impulsive buying pada mahasiswa Psikologi Universitas Esa Unggul yang melakukan pembelian secara online shoping. Jurnal Psikologi.

Handi, I. (2009). 10 prinsip kepuasan pelanggan. Elex Media Komputindo.

Harahap, J. Y. (2017). Hubungan antara kontrol diri dengan ketergantungan internet di pustaka digital perpustakaan daerah Medan. Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 131-145.

Haryana, R. D. (2020). Monograf Fenomena Cashless Society di. Surabaya. Cipta Media Nusantara.

I Komang Sukendra, P. D. F. (2021). Peningkatan Kualitas SDM Guru Melalui Pengembangan Pendidikan Menuju Era Society 5.0 (pp. 118–128).

Kotler, Philip., & Keller, Kelvin L. (2009). Manajeman Pemasaran (terjemahan) . Jakarta: PT Prehalindo.

Lestari, O. (2018). Hubungan Antara Konformitas dengan Kecenderungan Prilaku Konsumtif Pada Siswa Sekolah X. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, 5 (1).

Larisa, V., & Farid. (2021). Pengaruh personality traits dan hedonic consumption terhadap impulsive buying dimediasi oleh positive feeling di Matahari Departement Store kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 6, (1), 63-76.

Miranda, Y. C. (2016). Kajian terhadap faktor yang mempengaruhi impulse buying dalam online shopping. Universitas Machung, 10, (1).

Muhid, A. (2019). Analisis statistik. Zifatama Jawara.

Purnasari, A. C., & Rastini, N. M. (2018). Peran kenikmatan berbelanja dalam memediasi kepribadian terhadap impulsive buying. Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 1,(3).

Putu Dessy Fridayanthi, I. K. S. (2019). Penanaman nilai-nilai penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran seni budaya pada siswa kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar. Prosiding Seminar Nasional FPBS IKIP PGRI Bali.

Savitri, D., Aini, N., & Suyono, J. (2020). The influence of personality, shop enjoyment, and impulsive buying tendency on impulsive buying behavior in transmart Ngagel Surabaya. IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business Development), 03, (02).

Siregar, N. F., & Rini, Q. K. (2019). Regulasi diri dan impulsive buying terhadap produk fashion pada remaja perempuan yang berbelanja online. Jurnal Psikologi, 12, (2). https://doi.org/10.35760/psi.2019.v12i2.2445

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susilawati, E., & Wahdiniwaty, R. (2015). Pengaruh kepribadian dan harga terhadap impulse buying pada produk novel di toko bandung book enter wilayah Bandung. JIMM UNIKOM, 01(01).

Wahyudi, R., & Kurniawan, I. S. (2019). Pengaruh kontrol diri, stabilitas emosi, ekstrovert dan ketelitian terhadap keputusan pembelian tiba tiba pada masyarakat DIY. EFEKTIF : Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 10(1).

Published
2022-12-31
How to Cite
Indana, F. N., & Aqnuri, E. K. I. (2022). Kontrol diri dan kepribadian ekstrovert dengan impulsive buying pada individu yang melakukan belanja online. PSYCOMEDIA : Jurnal Psikologi, 2(1), 40-51. https://doi.org/10.35316/psycomedia.2022.v2i1.40-51
Abstract viewed = 551 times
PDF downloaded = 525 times