PENGEMBANGAN EKOWISATA HUTAN MANGROVE HIJAU DAUN DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA DAUN KECAMATAN SANGKAPURA KABUPATEN GRESIK

  • Ummal Khoiriyah Universitas Ibrahimy
  • Fauziyah Universitas Ibrahimy
Keywords: Pengembangan, Pendapatan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan ekowisata hutan mangrove hijau daun terhadap peningkatan perekonomian masyarakat di Desa Daun Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian diperoleh bahwa pengembangan ekowisata hutan mangrove hijau daun lebih cepat dari pada wisata yang lain yang ada di pulau bawean, wisata ini dikembangkan dengan cara melakukan penanaman pohon bakau, membuat jembatan, membersihkan area pohon bakau dan lain sebagainya. Sebelum pengembangan obyek ekowisata aktivitas ekonomi masyarakat pada umumnya sebagai petani dan nelayan, namun sesudah pengembangan obyek ekowisata melalui penyediaan sarana dan prasarana kemudian hubungan antara masyarakat dengan wisatawan yang akrab sehingga meningkatkan jumlah pengunjung, aktivitas ekonomi masyarakat bertambah yakni sebagai pedagang (kios/kantin) dan penyedia fasilitas seperti banana boat, ban pelampung, gazebo, ruang bilas dan penginapan, meningkatkan pendapatan masyarakat secara signifikan. Dimana sebelum adanya obyek wisata pendapatan masyarakat masih tergolong sangat rendah yaitu sebanyak 6 kepala keluarga atau 15% (persen) berpendapat Rp. < 1.000.000,-/bulan, namun sesudah adanya pengembangan Ekowisata Hutan Mangrove Hijau Daun ini pendapatan masyarakat mengalami peningkatan, yaitu sebanyak 30 kepala keluarga atau 75% (persen)  berpendapat Rp. >1000.000,-/bulan. Rata-rata dari pendapatan masyarakat adalah 53,33%. Dengan demikian pengembangan obyek ekowisata memberikan pengaruh yang positif bagi peningkatan perekonomian masyarakat di Desa Daun. Hasil tersebut menyimpulkan bahwa pengembangan obyek Ekowisata Hutan Mangrove Hijau Daun memberikan pengaruh yang lebih baik antara lain dapat menambah aktivitas ekonomi dan pendapatan masyarakat di Desa Daun Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik.

Author Biography

Ummal Khoiriyah, Universitas Ibrahimy

Universitas Ibrahimy

Published
2020-02-28
Abstract viewed = 2 times
pdf downloaded = 0 times