IMPLEMENTASI MANAJEMEN RESIKO DI ERA NEW NORMAL

  • Baiq Paria Indrawati Universitas Ibrahimy Situbondo
  • Ahmadi
  • Nanda Hidayan Sono Universitas Ibrahimy Situbondo
Keywords: Manajemen Resiko, Era New Normal

Abstract

Implementasi Manajemen resiko di era new normal dilakukan dalam sebuah perusahaan dengan tujuan utama suatu perusahaan atau lembaga dapat tetap eksis, berinovasi dan memberikan manfaat di tengah keadaan yang tidak memungkinkan. Implementasi manajemen resiko sangat penting dilakukan karena semua perusahan berpotensi mengalami resiko kapan dan dimana saja, oleh karenanya sebagai preventif manajemen resiko.

Motode penilitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan  menggunakan pendekatan studi kasus. Subyek  dari penelitian adalah bagaimana implentasi manajemen resiko yang digunakan Home Industri Datu Lunge sehingga mampu bertahan dan tetap eksis meski di era pandemi bahkan era new normal. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Home Industri Datu Lunge  menggabungkan sumber eksternal dan internal dalam pengimplementasian manajemen resiko. Proses Implementasi manajemen resiko yang dilakukan Home Industri Datu Lunge ialah dimulai dari identifikasi resiko yang dikemas dengan adanya RAB, memperkirakan terjadinya resiko dengan istilah LOSICOT, mencari alternatif resiko, implementasi keputusan, monitoring dan evaluasi dan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan dan penurunan perusahaan Home Industri Datu Lunge menerapkan studi analisis SWOT. Faktor pendukung dalam implementasi manajemen resiko di era new normal ialah dengan adanya dukungan dari masyarakat sekitar, kekompakan antar lini organisasi, ruang kerja yang tidak membutuhkan jangkauan dunia luar, harga yang mudah dijangkau dan kesadaran akan manfaat produk Datu Lunge pada saat yang tepat, Adapun faktor penghambatnya adalah: produksi yang dihasilkan tidak sebanding dengan pemesanan, SDM yang minim sebab domisili lintas kabupaten, kurang mengekplorasikan diri, target inovatif kurang maksimal dan pendistribusian kurang merata.

Published
2023-08-21
How to Cite
Baiq Paria Indrawati, Ahmadi, & Nanda Hidayan Sono. (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN RESIKO DI ERA NEW NORMAL. Al-Idarah : Jurnal Manajemen Dan Bisnis Islam, 4(2), 82-94. https://doi.org/10.35316/idarah.2023.v4i2.82-94
Abstract viewed = 127 times
Pdf downloaded = 99 times