ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN

  • Nanda Hidayan Universitas Ibrahimy Situbondo
  • Faiz Zainuddin Universitas Ibrahimy Situbondo
  • Nurul Nafilah Universitas Ibrahimy Situbondo
Keywords: Kepuasan Konsumen, Harga, Lokasi.

Abstract

Beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen adalah harga dan lokasi. Harga merupakan nilai tukar dari sebuah produk atau jasa yang nilainya ditentukan dan ditetapkan oleh penjual atau pembeli melalui tawar menawar. Lokasi adalah tempat bertransaksi berbagai aktivitas pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian atau penyaluran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen.

Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kuantitatif melalui pendekatan asosiatif. Lokasi penelitian, yakni Toko Berkah Ilahi Mayang Jember. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yakni berjumlah 80 orang. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini berupa sampel jenuh (sensus). Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji-t, dan uji-f.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Harga (X1) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen di toko berkah Ilahi Mayang Jember; (2) Lokasi (X2) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen di toko Berkah Ilahi Mayang Jember; dan (3) Harga (X1) dan Lokasi (X2) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan konsumen di toko Berkah Ilahi Mayang Jember. Berdasarkan analisis tersebut, maka diketahui bahwa arah dan besarnya tingkat hubungan antara variabel harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen sebesar 62,7%.

Author Biographies

Nanda Hidayan, Universitas Ibrahimy Situbondo

Universitas Ibrahimy

Faiz Zainuddin, Universitas Ibrahimy Situbondo

Universitas Ibrahimy Situbondo

Nurul Nafilah, Universitas Ibrahimy Situbondo

Universitas Ibrahimy Situbondo

Published
2023-02-23
How to Cite
Hidayan, N., Faiz Zainuddin, & Nurul Nafilah. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN. Al-Idarah : Jurnal Manajemen Dan Bisnis Islam, 4(1), 53-73. https://doi.org/10.35316/idarah.2023.v4i1.53-73
Abstract viewed = 423 times
Pdf downloaded = 368 times