APLIKASI SILATURAHMI SEBAGAI NETWORK MARKETING DALAM EKONOMI SYARIAH DI HAR COLLECTIONS KUTA BALI

  • Ahmadi Universitas Ibrahimy
Keywords: Silaturrahmi, Network Marketing

Abstract

Ada sekian teknik pemasaran yang telah ditemukan oleh pakar ekonomi. Semuanya bertujuan untuk menaikkan kuantitas pangsa pasar. Menaikkan pangsa pasar berarti mempertahankan konsumen lama dan menambahkannya dengan konsumen baru. Mempertahankan konsumen lama adalah usaha-usaha supaya mereka memiliki loyalitas dan kesetian kepada produk seorang produsen. Sedangkan mendapatkan konsumen baru berarti usaha memperkenalkan suatu produk berikut produsennya. Secara pasti, terkandung usaha untuk menambahkan keakraban pada yang pertama dan usaha menambah kenalan pada yang kedua. Usaha menambah keakraban dan kenalan dalam bahasa agama dikenal dengan silaturahmi. Tesis ini membahas secara elaboratif pertautan antara silaturahmi dan tekhnik marketing.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk silaturahmi dalam dunia bisnis serta bagaimana aplikasi silaturahmi dengan network marketing dalam ekonomi syariah.

Tulisan ini adalah penelitian lapangan (field research). Ditinjau dari sisi paradigma penelitian, risalah ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini mempekerjakan wawancara dan telaah pustaka/dokumen sebagai teknik pengumpulan data. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif dan menggunakan pola berpikir induktif.

Dalam uraian data berikut analisisnya, ditemukan sejumlah bentuk-bentuk silaturahmi dalam network marketing seperti saling menanyakan kabar, berkunjung di luar jam kerja dan selain urusan bisnis, memberikan santunan, mengadakan perjamuan, dan lain-lain. Analisis data secara secara sempurna membawa penelitian ini ke muara simpulan bahwa aplikasi silaturahmi sebagai network marketing dalam ekonomi syariah berperan dalam empat segmen penting dari marketing, strategi memenangkan pasar, taktik penetrasi pasar, dan value atau sentuhan emosi. Dari empat segmen tersebut, silaturahmi terutama sekali berguna dalam segmen value atau sentuhan emosi. Dengan demikian, silaturahmi bisa disamakan dengan konsep pemasaran yang mendasarkan diri pada upaya menjaga hubungan (relationship marketing).

Published
2022-08-23
How to Cite
Ahmadi. (2022). APLIKASI SILATURAHMI SEBAGAI NETWORK MARKETING DALAM EKONOMI SYARIAH DI HAR COLLECTIONS KUTA BALI. Al-Idarah : Jurnal Manajemen Dan Bisnis Islam, 3(2), 92-112. https://doi.org/10.35316/idarah.2022.v3i2.92-112
Abstract viewed = 34 times
pdf downloaded = 22 times