PENGARUH PRINSIP-PRINSIP PELAYANAN SYARIAH TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA HOTEL ASRI SYARIAH KECAMATAN PANARUKAN KABUPATEN SITUBONDO

  • Nanda Hidayan Sono Universitas Ibrahimy
  • Abi Kusairi Universitas Ibrahimy Sukorejo Situbondo

Abstract

Dengan seiring berkembangnya ekonomi syariah di Indonesia serta didukung adanya program Halal Tourism Industry. Salah satu tuntutan yang harus dipenuhi adalah bagaimana pelaku bisnis harus bisa memenuhi tempat penginapan yang membantu kenyamanan dalam praktek ibadah termasuk juga penyediaan makanan halal, kolam renang, spa, tempat olahraga dan beberapa fasilitas lainnya. Dalam menjalankan operasioanal kegiatan dan pengembangan bisnis perhotelan berbasis syari’ah, tentu dibutuhkan pelayanan yang baik sesuai dengan prinsip-prinsip pelayanan syariah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prinsip-prinsip pelayanan syariah yang terdiri dari Ketuhanan (Rabbaniyyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Al-Waqi’iyyah), Humanistis (Al-Insaniyyah) secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan konsumen.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan simple random sampling yang berjumlah 67 responden. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Analisis data diuji menggunakan uji instrumen atau prasyarat (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji multikolinieritas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas), uji hipotesis (uji regresi linier sederhana, uji regresi linier berganda, uji F dan uji t) serta uji analisis koefisien determinasi ).

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Ketuhanan (Rabbaniyyah) berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, dibuktikan dari nilai  sebesar -1,128 <  = 1,997 atau nilai sig. t = 0,264 > 0,05. (2) Etis (Akhlaqiyyah) berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dibuktikan dari nilai   sebesar 8.505 >  = 1,997 atau nilai sig.t = 0, 000 < 0,05. (3) Realistis (Al-Waqi’iyyah) berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dibuktikan dengan  sebesar 6.596 >  = 1,997 atau nilai sig. t = 0, 000 < 0,05. (4) Humanistis (Al-Insaniyyah) berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dibuktikan dengan  sebesar 8.908 >  = 1,997 atau nilai sig. t = 0, 000 < 0,05. (5) Ketuhanan (Rabbaniyyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Al-Waqi’iyyah), dan Humanistis (Al-Insaniyyah) berpengaruh dan signifikan secara simultan terhadap kepuasan konsumen, dibuktikan dengan nilai = 125.015 > = 2,51 dengan tingkat sig. F = 0,000 < 0,05.

Author Biography

Nanda Hidayan Sono, Universitas Ibrahimy

Universitas Ibrahimy

Published
2021-02-28
How to Cite
Nanda Hidayan Sono, & Kusairi, A. (2021). PENGARUH PRINSIP-PRINSIP PELAYANAN SYARIAH TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA HOTEL ASRI SYARIAH KECAMATAN PANARUKAN KABUPATEN SITUBONDO. Al-Idarah : Jurnal Manajemen Dan Bisnis Islam, 2(1), 22-40. https://doi.org/10.35316/idarah.2021.v2i1.22-40
Abstract viewed = 450 times
Pdf downloaded = 882 times