Strategi Pemasaran Syariah pada Produk Tabungan Sajadah dalam Meningkatkan Minat Nasabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Mlandingan Situbondo
Abstract
KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Mlandingan Situbondo tidak hanya memberikan pinjaman kepada nasabah, akan tetapi juga menerima simpanan berupa tabungan. Salah satu produk tabungannya adalah tabungan sajadah (Simpanan Berjangka Wadi’ah Berhadiah) yang mana pemberian hadiah tersebut untuk menumbuhkan kepercayaan dan loyalitas nasabah untuk menabung, namun dalam perkembangannya peminat produk tabungan sajadah di BMT NU Jawa Timur Cabang Mlandingan Situbondo mengalami ketidakstabilan. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran syari’ah yang dilakukan untuk meningkatkan minat nasabah menggunakan produk tabungan sajadah dan menganalisis faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam memasarkan produk tabungan sajadah tersebut. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan pendekatan lapangan yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran syari’ah yang diterapkan oleh BMT NU Jawa Timur Cabang Mlandingan Situbondo khususnya produk tabungan sajadah yaitu menggunakan bauran pemasaran (produk, harga, lokasi dan promosi) serta sesuai dengan karakteristik pemasaran syari’ah (teistis, etis, realistis dan humanistis).
Copyright (c) 2024 Zainul Anwar, Misba Huddin, Nadifatul Walidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.