Strategi Pemasaran Sosial Syariah Mendorong Kemajuan Ekonomi Dan Sosial

  • Ceta Indra Lesmana Universitas Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto
Keywords: Social Marketing, Strategy, Economic and Social

Abstract

Strategi pemasaran adalah suatu rencana menyeluruh dan terpadu di bidang pemasaran yang memberikan pedoman mengenai kegiatan yang akan dilakukan dalam mencapai tujuan perusahaan melalui periklanan, promosi, penjualan, produk dan distribusi. Dalam Islam Nabi telah mengajarkan etika bisnis termasuk pemasaran melalui sifat Nabi yang disingkat SAFT (shiddiq, amanah, fathanah dan tabligh). Selain itu, pemasar harus memperhatikan etika teistik (rabbaniyyah), etis (akhlaqiyyah), realistis (al-waqiyyah), dan humanistik (insaniyyah). Dengan memperhatikan konsep pemasaran dalam Islam diharapkan tidak ada pemasaran yang dapat merugikan berbagai pihak terutama konsumen dan mitra usaha.

Published
2024-01-05
Abstract viewed = 136 times
Pdf downloaded = 137 times