Adversity quotient dan motivasi akademik santri remaja akhir
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji hubungan antara adversity quotient dan motivasi akademik santri remaja akhir di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif dengan desain korelasional. Partisipan penelitian ini berjumlah 200 siswa SMA Ibrahimy 1 Sukorejo yang diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan Jeffrey’s Amazing Statistics Program (JASP). Hasil uji ANOVA menujukkan F= 15,946; p<0,01 dan nilai R Square (R²) sebesar 0,075, artinya 7,5% variabel motivasi akademik dapat dijelaskan dengan adversity quotient. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adversity quotient dan motivasi akademik memiliki hubungan yang signifikan.
References
Azwar, S. (2017). Metode penelitian psikologi (Edisi Kedua). Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2022). Penyusunan skala psikologi (Edisi Ketiga). Pustaka Pelajar.
Davidovitch, N., & Dorot, R. (2023). The Effect of Motivation for Learning among High School Students and Undergraduate Students--A Comparative Study. International Education Studies, 16(2), 117-127.
DiPerna, J. C., & Elliott, S. N. (1999). Development and validation of the academic competence evaluation scales. Journal of Psychoeducational Assessment, 17(3), 207-225.
Hasanah, I. H., Hasan, F. R., Sari, I. C., & Nurani, G. A. (2022). Literature review: Methods for treating school refusal in children and teenager. Journal of Psychology Students, 1(2), 113-125.
Huijuan, Z. (2009). The Adversity Quotient And Academic Performance Among College Students At St. Joseph College, Quezon City. (Undergraduate Thesis). St Joseph’s College of Quezon City.
Mahmoud, S. A., Ramadan, A., & Hamdy, A. (2023). Nursing Students' Academic Motivation and Career Adaptability: Mediating Role of Adversity Quotient. Menoufia Nursing Journal, 8(3), 271-288.
Nitasari, N. I., & Suwanda, I. M. (2016). Faktor-Faktor Yang Mendorong Siswa Sma Al-Islam Krian Membolos Sekolah. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 4(3).
Nurhayati, N., & Fajrianti, N. (2015). Pengaruh adversity quotient (AQ) dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1).
Nurmawati, N., & Rosepyanti, D. (2022). Adversity Quotient Dengan Motivasi Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 1620-1624.
Papalia, D. E., dkk. (2008). Human Development (Psikologi Perkembangan). Kencana
Rahayu, P. E., Ade, F. S., & Gunawan, H. (2023). Optimisme dengan Adversity Quotient pada Siswa Kelas XII SMA Kartika Padang. Journal on Education, 5(2), 4849-4860.
Ramadhani, D. (2021). Hubungan antara adversity quotient dan motivasi berprestasi pada siswa yang mengikuti SPP-SKS di SMPN 1 Sedati Sidoarjo. Experientia: Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2), 88-94.
Rudini, M., & Agustina, A. (2021). Analisis Motivasi Siswa dalam Mengerjakan Tugas Rumah Di SMA Al-Mannan Tolitoli. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 770-780.
Soetrisnaadisendjaja, D., & Sari, N. (2019). Fenomena anak putus sekolah di kawasan industri Kota Cilegon. Hermeneutika: Jurnal Hermeneutika, 5(2), 89-106.
Sugiarti, R., Nurlaili, A., & Febriani, U. F. (2020). Pengaruh adversity quotient terhadap motivasi berprestasi pada siswa cerdas istimewa. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 4(1), 82-92.
Tan, T. H., & Waheed, A. (2011). Herzberg's motivation-hygiene theory and job satisfaction in the Malaysian retail sector: The mediating effect of love of money. Asian Academy of Management Journal, 16 (1), 73-94.
Utami, S., Nashori, F., & Rachmawati, M. A. (2014). Pengaruh pelatihan adversity quotient untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah menengah pertama. JIP: Jurnal Intervensi Psikologi, 6(1), 131-149.
Yusuf, S. (2017). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. PT. Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2024 M. Sabilarrasyad Al-Khariqi, Dimas Agil Permadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.