Analisis Komparatif Persepsi Konsumen Terhadap Smartphone Realme dan Oppo di Bangkinang Kota

  • T. Junilda Fera Paningsih Prodi Manajemen, STIE Bangkinang, Provinsi Riau 28412, Indonesia
  • Librina Tria Putri Prodi Manajemen, STIE Bangkinang, Provinsi Riau 28412, Indonesia
  • Henrizal Henrizal Prodi Manajemen, STIE Bangkinang, Provinsi Riau 28412, Indonesia

Abstrak

The development of Smartphone technology has been quite quick from the time it was initially published until now, with various Smartphone brands circulating in the market. This study aims to determine differences in consumer perceptions of promotions, features, prices and designs of the Realme 6 Pro and Oppo A92 smartphones. The sampling technique used was quota sampling using a questionnaire. The number of samples is as many as 100 samples. The analysis technique used is the validity test, reliability test, and manova test. The results of this study indicate that the promotional activities, features, prices and designs of the two smartphones have significant differences in consumer perceptions.

Referensi

Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 660–669.

Auladi, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi di Maju Hardware Madiun. IAIN Ponorogo.

Awali, H. (2020). Urgensi pemanfaatan e-marketing pada keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan di tengah dampak Covid-19. BALANCA: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14.

Bahiu, N., Mananeke, L., & Loindong, S. (2015). Analisis Perbandingan Kinerja Produk Pada Produk Handphone Blackberry Dan Samsung (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1).

Budiyanto, A. (2019). Pengaruh Jkt48 Sebagai Celebrity Endorser, Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Minuman Isotonik Pocari Sweat Albert. Jurnal Manajemen Bisnis, 22(3), 248–269.

Fauzi, A. A., Kom, S., Kom, M., Budi Harto, S. E., Mm, P. I. A., Mulyanto, M. E., Dulame, I. M., Pramuditha, P., Sudipa, I. G. I., & Kom, S. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Berbagai Sektor Pada Masa Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Febriani, N., & Dewi, W. W. A. (2019). Perilaku konsumen di era digital: Beserta studi kasus. Universitas Brawijaya Press.

Haritza, D., & Sari, N. K. (2020). Citra merek produk smartphone xiaomi pada mahasiswa di kota makassar. MANOR: JURNAL Manajemen Dan Organisasi Review, 2(2), 132–140.

Imansari, D., & Oetomo, H. W. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Celeberity Endorser Dan Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Shampo Pantene. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 7(10).

Iriansyah, R. D., & Sugiono, S. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepeda Motor Sport 150cc Yamaha Di Semarang. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Kurnyawati, M. D. (2014). Pengaruh Iklan Terhadap Brand Awareness Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Angkatan 2012-2013 Yang Menggunakan Produk Sabun Mandi Merek Lifebu. Brawijaya University.

Muzaki, M. A., & Prijati, P. (2017). Pengaruh Endorse, Harga, Dan Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Berenergi. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6(6).

Pranitasari, D. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk (Studi Kasus Pada Produk Dr. Ricks Denim).

Putri, M. (2009). Analisis Komparatif Persepsi Konsumen Terhadap Pelayanan Operator Simcard GSM dan CDMA (Studi Kasus Pada Pengguna Simcard GSM dan CDMA di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta: Skripsi Sarjana. Fakultas Ekonomi.

Riangga, A., Nurulloh, M., & Wibaselpa, A. (2023). Pengaruh Iklan Sinematik Terhadap Keputusan Pembelian Dan Brand Awareness Pada Sirup Marjan. Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, 1, 151–161.

Rossanty, Y., Nasution, M. D. T. P., & Ario, F. (2018). Consumer Behaviour In Era Millennial. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI.

Saputri, M. E., & Pranata, T. R. (2014). Pengaruh brand image terhadap kesetiaan pengguna smartphone iphone. Jurnal Sosioteknologi, 13(3), 193–201.

Septanto, A. F., Haryono, A. T., & Harini, C. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merk, Persepsi Harga Terhadap Emotional Response Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Komparatif Terhadap Produk Adidas dan Nike). Journal of Management, 4(4), 140–157.

Solihin, O. (2016). Terpaan iklan mendorong gaya hidup konsumtif masyarakat urban. JIPSI-Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi UNIKOM, 5(2).

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & B. Alfabeta.

Susilowati, H. (2018). Peran Celebrity Endorser Dalam Buying Decision. Kompak: Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 11(2), 65–73.

Ujang Setiawan, P. D. P., & Haryono, A. T. (2015). Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry Gemini (Studi pada Mahasiswa Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran Semarang). Journal of Management, 1(1).

Widharta, W. P. (2013). Penyusunan strategi dan sistem penjualan dalam rangka meningkatkan penjualan toko damai. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1–15.

Widiyanti, W. (2018). Analisis Penjualan Sepeda Motor Yamaha pada PT. Sentral Yamaha Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 9(1), 1977–1999.

Wisnawa, I. M. B., Par, A., MM, M. P., Kartimin, I. W., Hartini, N. M., & SE, M. M. (2022). Brand dan E-marketing pariwisata. Deepublish.

Diterbitkan
2023-08-15
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 148 times
FULL TEXT PDF (English) downloaded = 148 times