Hubungan Kepercayaan Diri dengan Interaksi Sosial pada Remaja Kecanduan Game Online di SMP Negeri 1 Asembagus

  • Rizki Maulana Hidayatullah Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Ibrahimy Situbondo, Jawa Timur 68374, Indonesia
  • Ayu Eliza Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Ibrahimy Situbondo, Jawa Timur 68374, Indonesia
Keywords: Confidence, Social interaction, Teenager, Online Game Addiction

Abstract

Confidence is one of the things social interaction well.But for the students had been addicted to online games of course would be questionable, people were addicted to online games would be hard to interact with others because they already feel comfortable with their activities.This study bertujuhan identify the effects confidence on social interaction in adolescents are addicted to online games in junior high schools the sample of 1 asembagus 168 teenagers. Using a scale addicted to online games, confidence and social interaction that will impact analysis to know. Hence analysis techniques the data used was pearson correlation.The result of the research is 200 >0,05 which means there is a confidence with social interaction in adolescents addicted to online games.

References

Abidin, Z. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Siswa Kelas V SD Negeri Gugus IV Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 21–29.

Anhar, R. (2014). Hubungan kecanduan game online dengan keterampilan sosial remaja di 4 game centre di Kecamatan Klojen Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Ardiansyah, A. F., Zainuri, I., & Peni, T. (2023). Hubungan Kecanduan Game Dengan Identitas Diri Pada Anak Usia 12-15 Tahun di SMPN 2 Trowulan Kabupaten Mojokerto.

Arsyam, M., & Tahir, M. Y. (2021). Ragam jenis penelitian dan perspektif. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 37–47.

Creswel, J. W. (2008). Re[1] J. W. Creswel, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, 2008.search Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In sage publications.

Ermawati, E. (2022). Hubungan Kecanduan Game Online Terhadap Interaksi Sosial Pada Mahasiswa Fkip Universitas Islam Riau. Universitas Islam Riau.

Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114.

Hermawan, I. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.

Irawan, S. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi kecanduan game online peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 7(1).

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia.

Kapoh, G. F. (2015). Perilaku Sosial Individu Pemain Game Online" Perfect World" Di Desa Sea Satu. HOLISTIK, Journal of Social and Culture.

Khiyarusoleh, U. (2016). Konsep Dasar Perkembangan Kognitif Pada Anak Menurut Jean Piaget: Array. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1).

Kinney, H. C., Korein, J., Panigrahy, A., Dikkes, P., & Goode, R. (1994). Neuropathological findings in the brain of Karen Ann Quinlan--the role of the thalamus in the persistent vegetative state. New England Journal of Medicine, 330(21), 1469–1475.

La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463–474.

Larasati, D., Wahyudi, I., & Widiantoro, F. X. W. (2019). Hubungan antara konsep diri dengan perilaku merokok pada remaja awal. Jurnal Psikologi, 15(1), 20–26.

Mastuti, R. E., Winarno, R. D., & Hastuti, L. W. (2012). Pembentukan identitas orientasi seksual pada remaja gay. PREDIKSI, 1(2), 194.

Nattakuna, N. (2016). Game Online dan Mahasiswa: Studi tentang Respon Mahasiswa Atas Keberadaan Game Online. Fisipol UGM Jurusan S-1 Sosiologi.

Pohan, R. A., Lubis, S. A., & Hasibuan, A. D. (2023). Hubungan Antsara Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Kepercayaan Diri Siswa-Siswi di MTS. Al-Washliyah 16 Perbaungan. Lokakarya Journal of Research and Education Studies, 2(1), 28–40.

Pranata, D. Y. (2019). Indeks Massa Tubuh Dengan Kelincahan Pemain Futsal Stkip Bbg. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 8(2).

Purwoko, S. (2018). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 150–162.

Rambe, N. (2018). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Keterampilan Interaksi Sosial Siswa Di MTs Negeri 2 Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Ri’aeni, I. (2019). Pengaruh budaya korea (K-Pop) terhadap remaja di Kota Cirebon. Communications, 1(1), 1–25.

Rifqi, H. (2020). Penggunaan Game Online di Kalangan Siswa (Studi Kasus SMK Al-Hamidiyah Jakarta Barat). Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Robbi, I. (2016). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Interaksi Sosial pada Mahasantri Putra Ma’had Sunan Ampel Al-‘aly Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Safitri, S. (2019). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Interaksi Sosial pada Mahasiswa Semester III Prodi BImbingan dan Konseling Pendidikan Islam UIN Raden Intan Lampung Tahun Akademik 2019/2020. UIN Raden Intan Lampung.

Santoso, Y. R. D. (2016). Hubungan kecanduan game online Dota 2 terhadap penyesuaian sosial pada remaja. Program Studi Psikologi FPSI-UKSW.

Sarwono, J., & Lubis, H. (2007). Metode riset untuk desain komunikasi visual. Yogyakarta: Andi.

Siregar, E. P. (2022). Hubungan Kecanduan Game Online dengan Pola Tidur pada Remaja Putra. MOTORIK Jurnal Ilmu Kesehatan, 17(1), 13–18.

Syahputra, Y. A. (2021). Komunikasi Interpersonal Antar Player Game Online Dalam Berinteraksi. Universitas Islam Riau.

Tayibnapis, R. G. (2021). Fenomena game online dan pembaruan teknologi komunikasi sebagai media baru. J. Curere, 6(11), 32–50.

Triono, A., Artina, B., & Prastiwi, C. A. (2023). Sosialisasi Dampak Negatif Game Online Bagi Pelajar. JIKMAS (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa), 1(1), 5–8.

Valkenburg, P. M., & Peter, J. (2009). Social consequences of the Internet for adolescents: A decade of research. Current Directions in Psychological Science, 18(1), 1–5.

Wahyuni, N. S. (2016). Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan kemampuan bersosialisasi pada siswa smk negeri 3 medan. Jurnal Diversita, 2(2).

Wulandari, R. (2021). Pengaruh Kepribadian Terhadap Perilaku Phubbing Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Islam Riau. Universitas Islam Riau.

Published
2024-02-15
How to Cite
Hidayatullah, R. M., & Eliza, A. (2024). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Interaksi Sosial pada Remaja Kecanduan Game Online di SMP Negeri 1 Asembagus. Jurnal Multidisiplin Ibrahimy, 1(2), 237-252. https://doi.org/10.35316/jummy.v1i2.4577
Abstract viewed = 203 times
FULL TEXT PDF downloaded = 156 times