Efektifitas Video Pembelajaran dan Focus Group Discussion dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Kosmetik dengan Zat Kimia Berbahaya

  • Aida Royani Universitas Sari Mulia Banjarmasin
  • Mustaqimah Mustaqimah Program Studi Sarjana Farmasi Fakultas Kesehatan Universitas Sari Mulia
  • Tuti Alawiyah Program Studi Sarjana Farmasi Fakultas Kesehatan Universitas Sari Mulia
Keywords: Efektivitas, FGD, Kosmetik, Video

Abstract

ABSTRAK

 

Penggunaan produk-produk kosmetik ilegal yang memiliki kandungan senyawa berbahaya seperti rhodamin B, merkuri, hidrokuinon, dan timbal. Berdasarkan observasi terlihat bahwa remaja lebih mengutamakan kosmetik sebagai salah satu kebutuhan mereka, salah satu cara untuk mencegah dampak negatif dari efek samping zat berbahaya dalam kosmetik adalah dengan dilakukan dengan pemberian pengetahuan. Menggunakan pendekatan menggunakan media video dan metode Focus Group Discussion, peneliti ingin melihat seberapa besar pemahaman siswa SMA Negeri 1 Rungan tentang kandungan berbahaya dalam kosmetik. Menggunakan metode penelitian true experimental dengan pengambilan data memakai Pretest and Postest Control Group Design. Hasil data akan  dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Dengan hasil data p 0,000 pada uji Wilcoxon, Hal ini berarti pengetahuan kelompok intervensi bertambah akibat memperoleh pendidikan. Pada uji Mann Whitney juga mendapatkan nilai p 0,000 yang menunjukkan bahwa penggunaan media video dalam metode FGD berhasil meningkatkan tingkat pengetahuan responden.  Peningkatan pengetahuan tentang kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya di kalangan responden dapat dicapai melalui penggunaan video dalam Focus Group Discussion

 

Kata Kunci: Efektivitas, FGD, Kosmetik, Video

Published
2023-06-30
How to Cite
Royani, A., Mustaqimah, M., & Alawiyah, T. (2023). Efektifitas Video Pembelajaran dan Focus Group Discussion dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Kosmetik dengan Zat Kimia Berbahaya. Jurnal Farmasi Tinctura, 4(2), 72-77. https://doi.org/10.35316/tinctura.v4i2.2374
Abstract viewed = 323 times
PDF downloaded = 274 times