Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Kemandirian Dan Kematangan Sosial Anak Pra Sekolah
Abstract
Child development can be done with environmental habits and the provision of stimulation to pre-school children. The use of gagdet has a large impact, both good and bad for everyone, especially for preschoolers with technological developments at this time. Preschool children with developmental disorders were 85,779 (62.02%). Besides pre-school children also experience emotional problems that have a negative impact on the development and readiness to go to school around 9.5% - 14.2% of children aged between zero to five years. The purpose of this study was to analyze the Relationship between the Use of Gadgets and the Independence and Social Maturity of Children in Putra Bangsa Kindergarten, Gading District. The research design used was cross sectional. Data collection used in this study using a questionnaire. Spearman Rank test results between the use of gagdet with independence and social maturity obtained p value 0,000 <α 0.05, then ha is accepted so that there is a relationship between the use of gagdet with independence and social maturity. has a value of 4.668 which means that independence has a 4,668 chance to change. While the social maturity variable in multiple logistic regression has an Exp (B) value of 2.545, from these results it can be explained that social maturity has an opportunity to increase by 2.545 times..
Keywords: Gadgets, Independence, Social Maturity, Preschool Children
ABSTRAK
Perkembangan anak dapat dilakukan dengan kebiasaan lingkungan dan pemberian stimulasi pada anak pra sekolah. Penggunaan gagdet mempunyai dampak yang besar, baik dampak baik maupun buruk untuk semua orang, terutama bagi anak pra sekolah dengan perkembangan teknologi pada saat ini. Anak pra sekolah dengan gangguan perkembangan sebanyak 85.779 (62,02%). Selain itu anak pra sekolah juga mengalami masalah emosional yang berdampak negatif pada perkembangan dan kesiapan untuk bersekolah sekitar 9,5% - 14,2% anak berusia antara nol sampai lima tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Kemandirian Dan Kematangan Sosial Anak di TK Putra Bangsa Kecamatan Gading. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil uji Spearman Rank antara penggunaan gagdet dengan kemandirian dan kematangan sosial diperoleh nilai p value 0,000 < α 0,05, maka ha diterima sehingga ada hubungan antara penggunaan gagdet dengan kemandirian dan kematangan sosial.. Besarnya nilai Exp (B) pada analisis regresi logistik kemandirian memiliki nilai 4,668 yang berarti bahwa kemandirian memiliki peluang 4,668 kali untuk berubah. Sedangkan variabel kematangan sosial pada regresi logistik berganda memiliki nilai Exp (B) sebesar 2,545, dari hasil tersebut dapat dijelaskan bahwa kematangan sosial memiliki peluang meningkat 2,545kali.
Kata kunci: Gadget, Kemandirian, Kematangan Sosial, Anak Pra Sekolah.
Downloads
References
Anggraini, 2013. Persepsi Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Volume 1, Januari 2013, 258-264.
Annisa. Hubungan Persepsi Orang Tua Tentang Dampak SmartphoneTerhadap Perkembangan Sosial Pada Anak Di Kelompok Bermain Gugus I Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Jurnal Ilmiah Potensia. Vol. 4 (1). 2019
Astuti.(2013) Implementasi Program Fullday School Sebagai Usaha Mendorong Perkembangan Sosial Peserta Didik TK Unggulan Al Ya’lu Kota Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengambangan Pendidikan. Vol.1 No.2 Tahun 2013
Efendi, Fuad. (2013).Pengarug Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Skripsi. Teknik Informatika Universitas Brawijaya.
Iswidharmanjaya, Derry & Agency, Beranda. (2014). Bila Si Kecil Bermain Gadget: Panduan Bagi Orang Tua Untuk Memahami Faktor-faktor Penyebab Anak Kecanduan Gadget. Yogyakarta: Bisakimia.
Sa’diyah. Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Jurnal Kordinat. Vol. XVI No. 1. 2017
Viandari. Peran pola asuh orangtua dan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak prasekolah. Jurnal Psikologi Udayana. Vol.6, No.2,. 2019
Warisyah. Pentingnya Pendampingan Dialogis Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 2015
Widati, Tri. 2012. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Metode Melipat Kertas pada Anak Kelompok B TK ABA Gani Socokangsi Jatinom Klaten