KONSEPSI DAN INTERNALISASI NILAI POWER AND AUTHORITY DALAM PENDIDIKAN PESANTREN

  • Badrut Tamam UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Hariyanto Hariyanto Universitas Ibrahimy
Keywords: Power, Authority, Pendidikan, Pesantren

Abstract

Artikel ini mengelaborasi konsepsi dan internalisasi nilai power and authority dalam konteks pendidikan di pesantren. Kekuasaan (power) adalah kesempatan amanah bagi individu atau sekelompok orang untuk menyadarkan individu atau kelompok lain untuk menerima kemauan yang mereka inginkan baik dengan cara memaksa ataupun legitimasi kesadaran dari individu lainnya. Authority atau otoritas yakni hak untuk melakukan sesuatu atau memerintahkan orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan tujuan agar misi dari lembaga tercapai dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan   penelitian kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Tipe atau sumber power and authority yang digunakan oleh kiai pondok pesantren Miftahul Ulum yakni, referent power, reward power, coercive power, legitimate power dan expert power. Ke lima tipe dan sumber kekuasaan dan otoritas tersebut menjadi penguat dalam peran manajerial seorang kiai dan bagi pengembangan pondok pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Imron. Kepemimpinan kyai: kasus Pondok Pesantren Tebuireng. 1 ed. Malang: Kalimasahada Press, 1993.

Etzioni, Amitai. The New Golden Rule: Community And Morality In A Democratic Society. New York, United State of America: Basic Books, 1998.

Griffin, Ricky W., dan Gregory Moorhead. “Organizational Behavior ,.” Boston, Massachusetts, Amerika: Cengage Learning, 2011.

Hersey, Paul, Kenneth H. Blanchard, dan Dewey E. Johnson. Management of Organizational Behavior: Leading Human Resources. 11 ed. London ; Britania Raya: Pearson, 2013.

Hoy, Wayne, dan Cecil Miskel -. “Educational Administration: Theory, Research, and Practice.” New York, United State of America: McGraw-Hill Companies,Incorporated, t.t.

Hoy, Wayne, dan Page Smith. “Influence: A key to successful leadership.” International Journal of Educational Management 21 (27 Februari 2007): 158–67. https://doi.org/10.1108/09513540710729944.

Maliki, Zainuddin. Sosiologi Politik: Makna Kekuasaan Dan Transformasi Politik. Yogyakarta: UGM PRESS, 2018.

P. Robbins, Stephen, David A. Decenzo, dan Mary Coulter. “Fundamentals of Management Essential Concepts and Aplications,” Eighth. 8 th. Uniteted States of America: Pearson, 2013.

Tamam, Badrut. “Reorientasi Pendanaan Pendidikan dalam Membangun Mutu Sekolah.” Misykat Al-Anwar 29, no. 2 (2018): 257189. https://doi.org/10.31904/ma.v29i2.2855.

Tamam, Badrut, dan Akhmad Muadin. “IMPLEMENTASI EDUPREUNEURSHIP DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SEKOLAH UNGGUL.” Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman 5, no. 1 (10 Juni 2019): 13–21. https://doi.org/10.36420/ju.v5i1.3521.

Umanailo, M Chairul Basrun. MAX WEBER. Namlea: FAM PUBLISHING, 2019. https://doi.org/10.31219/osf.io/ep7bn.

Yukl, Gary A. Leadership in Organizations. Upper Saddle River, New Jersey, Amerika: Prentice Hall, 1998.

Published
2021-12-29
How to Cite
Tamam, B., & Hariyanto, H. (2021). KONSEPSI DAN INTERNALISASI NILAI POWER AND AUTHORITY DALAM PENDIDIKAN PESANTREN. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 15(2), 181-194. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v15i2.1313
Section
Articles
Abstract viewed = 342 times
FULL TEXT PDF downloaded = 359 times