MULTICULTURALISME EDUCATION DALAM PENGUATAN PAHAM MODERASI DI PONDOK PESANTREN
Abstract
Kajian tentang pendidikan multikultural, kaitannya dengan penguatan paham moderasi di pesantren penting dilakukan, mengingat Pendidikan Islam di berbagai lembaga pendidikan ditengarai belum mencapai pada substansi penghayatan nilai keagamaan dan praktik keagamaan pluralis-multikultural. Fenomena tersebut sangat berpengaruh pada tumbuhnya sikap ekslusif dan fanatisme buta, bahkan cenderung “radikal” bagi anak didik. Sistem pendidikan integralistik, humanis, toleran dan moderat di negara kita, sebenarnya telah ada sejak dulu yaitu pondok pesantren. Oleh karena itu, penelitian tentang pendidikan multikultural dalm penguatan paham moderasi dengan mengambil kasus yang terjadi di Ma’had Aly PPSS Situbondo ini penting dilakukan. Penelitian ini menghasilkan temuan, bahwa penerapan pendidikan multikultural dilakukan melalui dua cara, yaitu: Pertama internalisasi nilai, tahap additive level (penambahan) dan tahap transformative level (perubahan). Kedua pola transformasi dimensi nilai, meliputi: (1). Conten Integration (integrasi budaya); (2). The Knowladge Construction Process (Konstruksi budaya dalam pengetahuan); (3) An equality of Pedagogment (penyesuaian metode pembelajaran); (4). Culturally Sensitive Teaching Strategies; (interaksi dalam pengajaran); dan (5). Prejudice Reduction in Instructional.
Downloads
References
Ainurrofiq, D. “Emoh” Sekolah Menolak “Komersialisasi Pendidikan” dan “Kanibalisme Intelektual”, Menuju Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: INSPEAL Press, 2003.
Al-Husaini, H.M.H Al-Hamid, Riwayat Hidup Nabi Besar Muhammad SAW, Jakarta : Waqfiyah Al-Hamid Al-Husaini Press, 1990.
Azyumardi, A. Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Rekonstruksi Dan Demokratisasi, Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2002.
Banks, J.A. An introduction to Multicultural Education, Boston-London: Allyn and Bacon Press, 2004.
Educating Citizens In Multicultural Society. Second edition. New York: Teachers College Columbia University. 2007.
Gollnick, D. M., & Chinn, P. C. Multicultural Education in a Pluralistic Society (second ed.). Columbus: Charles E. Merrill Publishing Company, 1986.
Howard, Karen, The Emergences of Children’s Multicultural Sensitivity: An Elementary School Music Cultural Project, Journal of Research Music Education (2018), Vol. 66(3).
Iqbal, Abu Muhammad, Pemikiran Pendidikan Islam : Gagasan-gaasan Besar Para Ilmuan Muslim, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Madjid, Nurcholish, Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta: Paramadina, 1997.
Mahfud, C. Pendidikan Multikultura. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009.
Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesanantren, Suatu Kajian tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS, 1994.
Maursy, Muhammad Munir, al-Tarbiyah al-Islamiyah : Ushuluha wa Tahawwuruha fi Bilal al-Arabiyat, Kairo: A’lam a-Kutub. 1977.
Milles, Matthew B. and A. Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif, terj.Tjetjep Rohendi Rohidi, Jakarta : UI-Press, 1992.
Moleong, L.J. (Metodologi Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.
Muhajir, Noeng, Metodologi Keilmuan : Paradigma Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, Yogyakarta : Rake Sarisan, 2007.
Parekh, B. Rethinking Multiculturalism: Cultural Diversity and Political Theory. New York: Palgrave Macmillan, 2006.
Satori, A. dan Subhan, A. “Kepemimpinan Masyarakat Majemuk (Studi Model Kewenangan, Pembagian Peran, dan relasi Kuasa Pemimpin Tradisional di Dusun Susuru, Panawangan, Ciamis”, Proceeding, Seminar Nasional Dies Natalis FISIP Unsoed tahun 2014.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Alfabeta, 2006.
Tilaar, H.A.R. Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia, Jakarta: Grasindo, 2004.
Wahid, A. Gusdur, Menjawab Kegelisahan Rakyat, Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2007.
Zakiyuddin, B. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, Jakarta: Erlangga, 2005.
Copyright (c) 2020 LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.