ANALISIS MANAJEMEN PRODUKSI ARANG

  • Ahmadi
  • Syarifuddin Syarifuddin Universitas Ibrahimy
  • Maimunah Universitas Ibrahimy Situbondo
Keywords: Manajemen Produksi, Arang

Abstract

Home industry produk arang UD. Cahaya Baru Desa Sumberkima yang kurang lebih telah didirikan selama 13 tahun, produk arang UD. Cahaya baru yang telah diperjual belikan selama ini berkualitas bagus, arang yang dibuat di UD. Cahaya Baru tidak menggunakan proses penyiraman. Penelitian ini akan meneliti tentang bagaimana analisis strategi manajemen produksi dalam meningkatkan kualitas produk arang di UD. Cahaya Baru serta apa saja faktor pendukung dan penghampat dalam meningkatkan kualitas produksi arang di UD. Cahaya Baru.

Peneltian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian lapangan merupakan penelitian yang langsung dilakukan di lapangan, sehingga penelitian memperoleh kondisi nyata yang sesungguhnya di lapangan. Lokasi yang dipilih sebagai objek penelitian yaitu di UD. Cahaya Baru Desa Sumberkima Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng Bali. Dalam penelitian ini, penelitian menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi manajemen produksi yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk adalah memperhatikan proses produksi, bahan baku, alat-alat yang digunakan aman untuk proses pembakaran dan keamanan kerja bagi karyawan serta memperhatikan berapa banyak jumlah arang yang akan di produksi. Faktor pendukung di UD. Cahaya Baru adalah adanya semangat dari karyawan dan tetangga sekitar, dukungan dari pemerintah setempat dan kualitas produk arang yang berkualitas  sangat bagus sehingga pelanggan merasa puas dan memberikan respon yang positif bagi perusahaan. Sementara itu, faktor penghambat yaitu karyawan terkadang tidak disiplin, sehingga memperlambat proses produksi arang. Ketika permintaan meningkat, sedangkan bahan baku untuk produksi kurang mencukupi serta adanya pesaing dari luar bali yang memasarkan produk arangnya masuk ke daerah Bali.

Published
2024-02-12
How to Cite
Ahmadi, Syarifuddin, S., & Maimunah. (2024). ANALISIS MANAJEMEN PRODUKSI ARANG. Al-Idarah : Jurnal Manajemen Dan Bisnis Islam, 5(1), 54-65. https://doi.org/10.35316/idarah.2024.v5i1.54-65
Abstract viewed = 30 times
Pdf downloaded = 50 times