PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-book dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE, yang memiliki lima langkah terstruktur, yaitu; Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi (angket) dan soal tes uji coba. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis isi pembelajaran, analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis uji t. Hasil dari penelitian menunjukkan lembar validasi (angket) dari ahli materi diperoleh nilai persentase 81,25% dengan kriteria “Sangat Layak”. Penilaian validasi (angket) dari ahli pengembangan bahan ajar mendapatkan nilai persentase 58,3% dengan kriteria “Cukup” namun membutuhkan perbaikan atau revisi produk, lalu dilakukan penilaian tahap ke II dengan persentase 90,47% dengan kriteria “Sangat Layak”. Efektifitas bahan ajar e-book berpatokan pada hasil analisis uji t, dengan nilai t hitung kelompok eksperimen 16,6, sedangkan kelompok kontrol 5,32. Berdasarkan hasil perhitungan analisis data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa bahana ajar e-book Akidah Akhlak layak untuk diujicobakan dan efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa.
References
Agustini, A., & W, U. R. 2021. Strategies of Islamic Religious Education Teachers in the Development of Teaching Materials. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 5(2), 206–215. https://doi.org/10.35723/AJIE.V5I2.186
Amalia, F., & Kustijono, R. 2017. Efektifitas Penggunaan E-Book dengan Sigil untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 1(November), 81–85.
Amaliah, A., Adnan, & Azis, A. A. 2022. Pengembangan E-book Berbasis Studi Kasus Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA. BIOSFER : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 7(7 No 1), 67–74. https://doi.org/10.23969/biosfer.v7i1.5630
Asmuki & Al Aluf, W. 2018. Pendidikan Karakter Di Pesantren. Edupedia, 2(2).
Asmuki, A., & Anam, A. (2021). MENJADI GURU SUPER DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN BERKUALITAS. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 6(1), 49–58. https://doi.org/10.35316/EDUPEDIA.V6I1.1429
Asmuki, A., & Hasanah, H. 2020. PUSAT SUMBER BELAJAR PAI DALAM DUNIA PENDIDIKAN; SEBUAH KAJIAN KRITIS DAN PENGEMBANGANNYA. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 5(1), 79–89. https://doi.org/10.35316/EDUPEDIA.V5I1.883
Babbie, E. R. 2014. The Basic of Social Research (6th ed.). Cengage Learning.
Bintari Kartika, S. 2017. Desain Pembelajaran Model Addie Dan Implementasinya Dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 87–102.
Dewi, F. F., & Handayani, S. L. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229
Fathuddin, F., Nurdin, N., & Rustina, R. 2023. The Challenges of Teaching Islamic Education In the Millennial Generation Era. INTERNATIONAL JOURNAL OF CONTEMPORARY ISLAMIC EDUCATION, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.24239/ijcied.vol5.iss1.66
Giantara, F., M, A., & Bakar, A. 2022. Tantangan Transformatif PAI di Era Kontemporer Perspektif Kecerdasan Spiritual-Sosial. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 19(1), 141–155. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v19i1.257
Gumelar, A., Sitompul, S. S., & Hamdani, H. 2022. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbantuan Flip PDF Professional Pada Materi Tekanan Hidrostatis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1412–1417. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.709
Hardianti, F., & Muzdalifah, F. 2023. Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak melalui Alat Permainan Edukatif Bahan Daur Ulang. AS-SABIQUN, 5(1), 274–286. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i1.2804
Kartini, N. E., Nurdin, E. S., Hakam, K. A., & Syihabuddin, S. 2022. Telaah Revisi Teori Domain Kognitif Taksonomi Bloom dan Keterkaitannya dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Basicedu, 6(4), 7292–7302. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3478
Karunia Dhamar Panuluh, D., Nanik Setyowati, R., Amilin, F., Setia Rini, I., Negeri Surabaya, U., Lidah Wetan, J., Wetan, L., Lakarsantri, K., Timur, J., Sumowiharjo No, J., Babat, K., & Lamongan, K. 2023. Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-4 SMAN 1 Babat. Journal on Education, 6(1), 2662–2671. https://doi.org/10.31004/JOE.V6I1.3296
Mardeti, Supriadi, Arifmiboy, S. W. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Berupa Modul Akidah Akhlah Berbantukan Teka Teki Silang Kelas X IPA di MAN 2 Agam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(c), 1349–1358. https://doi.org/10.31004/JPDK.V5I1.11615
Muliastrini, N. K. E., & Handayani, N. N. L. 2022. Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Revisi Sebagai Landasan Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penilaian. CARAKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 134–146.
Nurdin, H. 2020. Problems and Crisis of Islamic Education Today and in The Future. International Journal of Asian Education, 1(1), 21–28. https://doi.org/10.46966/IJAE.V1I1.17
Putra, R. R., & Fitrihidajati, H. 2021. Validitas E-Book Terintegrasi Hands on Minds on (Homo) pada Materi Ekologi untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 116–126. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p116-126
Putri, D., Haq, I. A., Salsabila, Q., & Aeni, A. N. 2022. Pengembangan E-Book Siap (Syukur, Ikhlas, Amanah, Pemaaf) Dalam Penanaman Pendidikan Akhlak Di SDN Ketib Sumedang Utara. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(5), 1731. https://doi.org/10.35931/aq.v16i5.1154
Ramadhan Yudianto, R., & Eldarni, E. 2023. Pengembangan e-Book Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Corporate Edition Pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK Kelas VII SMP. Jurnal Family Education, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/jfe.v3i1.89
Sahari, S. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Ahklak di Madrasah Tsyanawiyah Hidayaturrahman NW Menggala (Suatu Pendekatan Studi Literatur). Jurnal Paedagogy, 9(1), 101. https://doi.org/10.33394/jp.v9i1.4537
Suryana, N. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(1), 225–232.
Yulia Aftiani, R., Khairinal, K., & Suratno, S. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XIIS 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458–470. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.583
Copyright (c) 2024 Moh. Zamili, Fitrotul Munawaroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal approve to the terms below:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.