PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA

  • Moh. Zamili Fakultas Tarbiyah, Universitas Ibrahimy
  • Fitrotul Munawaroh Fakultas tarbiyah, Universitas Ibrahimy, Indonesia
Keywords: Pengembagan,, Bahan Ajar, E-Book, Akidah Akhlak, Kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-book dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE, yang memiliki lima langkah terstruktur, yaitu; Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi (angket) dan soal tes uji coba. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis isi pembelajaran, analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis uji t. Hasil dari penelitian menunjukkan lembar validasi (angket) dari ahli materi diperoleh nilai persentase 81,25% dengan  kriteria “Sangat Layak”. Penilaian validasi (angket) dari ahli pengembangan bahan ajar mendapatkan nilai persentase 58,3% dengan kriteria “Cukup” namun membutuhkan perbaikan atau revisi produk, lalu dilakukan penilaian tahap ke II dengan persentase 90,47% dengan kriteria “Sangat Layak”. Efektifitas bahan ajar e-book berpatokan pada hasil analisis uji t, dengan nilai t hitung kelompok eksperimen 16,6, sedangkan kelompok kontrol 5,32. Berdasarkan hasil perhitungan analisis data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa bahana ajar e-book Akidah Akhlak layak untuk diujicobakan dan efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa.

References

Agustini, A., & W, U. R. 2021. Strategies of Islamic Religious Education Teachers in the Development of Teaching Materials. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 5(2), 206–215. https://doi.org/10.35723/AJIE.V5I2.186

Amalia, F., & Kustijono, R. 2017. Efektifitas Penggunaan E-Book dengan Sigil untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 1(November), 81–85.

Amaliah, A., Adnan, & Azis, A. A. 2022. Pengembangan E-book Berbasis Studi Kasus Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA. BIOSFER : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 7(7 No 1), 67–74. https://doi.org/10.23969/biosfer.v7i1.5630

Asmuki & Al Aluf, W. 2018. Pendidikan Karakter Di Pesantren. Edupedia, 2(2).

Asmuki, A., & Anam, A. (2021). MENJADI GURU SUPER DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN BERKUALITAS. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 6(1), 49–58. https://doi.org/10.35316/EDUPEDIA.V6I1.1429

Asmuki, A., & Hasanah, H. 2020. PUSAT SUMBER BELAJAR PAI DALAM DUNIA PENDIDIKAN; SEBUAH KAJIAN KRITIS DAN PENGEMBANGANNYA. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 5(1), 79–89. https://doi.org/10.35316/EDUPEDIA.V5I1.883

Babbie, E. R. 2014. The Basic of Social Research (6th ed.). Cengage Learning.

Bintari Kartika, S. 2017. Desain Pembelajaran Model Addie Dan Implementasinya Dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 87–102.

Dewi, F. F., & Handayani, S. L. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229

Fathuddin, F., Nurdin, N., & Rustina, R. 2023. The Challenges of Teaching Islamic Education In the Millennial Generation Era. INTERNATIONAL JOURNAL OF CONTEMPORARY ISLAMIC EDUCATION, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.24239/ijcied.vol5.iss1.66

Giantara, F., M, A., & Bakar, A. 2022. Tantangan Transformatif PAI di Era Kontemporer Perspektif Kecerdasan Spiritual-Sosial. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 19(1), 141–155. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v19i1.257

Gumelar, A., Sitompul, S. S., & Hamdani, H. 2022. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbantuan Flip PDF Professional Pada Materi Tekanan Hidrostatis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1412–1417. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.709

Hardianti, F., & Muzdalifah, F. 2023. Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak melalui Alat Permainan Edukatif Bahan Daur Ulang. AS-SABIQUN, 5(1), 274–286. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i1.2804

Kartini, N. E., Nurdin, E. S., Hakam, K. A., & Syihabuddin, S. 2022. Telaah Revisi Teori Domain Kognitif Taksonomi Bloom dan Keterkaitannya dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Basicedu, 6(4), 7292–7302. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3478

Karunia Dhamar Panuluh, D., Nanik Setyowati, R., Amilin, F., Setia Rini, I., Negeri Surabaya, U., Lidah Wetan, J., Wetan, L., Lakarsantri, K., Timur, J., Sumowiharjo No, J., Babat, K., & Lamongan, K. 2023. Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-4 SMAN 1 Babat. Journal on Education, 6(1), 2662–2671. https://doi.org/10.31004/JOE.V6I1.3296

Mardeti, Supriadi, Arifmiboy, S. W. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Berupa Modul Akidah Akhlah Berbantukan Teka Teki Silang Kelas X IPA di MAN 2 Agam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(c), 1349–1358. https://doi.org/10.31004/JPDK.V5I1.11615

Muliastrini, N. K. E., & Handayani, N. N. L. 2022. Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Revisi Sebagai Landasan Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penilaian. CARAKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 134–146.

Nurdin, H. 2020. Problems and Crisis of Islamic Education Today and in The Future. International Journal of Asian Education, 1(1), 21–28. https://doi.org/10.46966/IJAE.V1I1.17

Putra, R. R., & Fitrihidajati, H. 2021. Validitas E-Book Terintegrasi Hands on Minds on (Homo) pada Materi Ekologi untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 116–126. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p116-126

Putri, D., Haq, I. A., Salsabila, Q., & Aeni, A. N. 2022. Pengembangan E-Book Siap (Syukur, Ikhlas, Amanah, Pemaaf) Dalam Penanaman Pendidikan Akhlak Di SDN Ketib Sumedang Utara. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(5), 1731. https://doi.org/10.35931/aq.v16i5.1154

Ramadhan Yudianto, R., & Eldarni, E. 2023. Pengembangan e-Book Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Corporate Edition Pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK Kelas VII SMP. Jurnal Family Education, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/jfe.v3i1.89

Sahari, S. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Ahklak di Madrasah Tsyanawiyah Hidayaturrahman NW Menggala (Suatu Pendekatan Studi Literatur). Jurnal Paedagogy, 9(1), 101. https://doi.org/10.33394/jp.v9i1.4537

Suryana, N. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(1), 225–232.

Yulia Aftiani, R., Khairinal, K., & Suratno, S. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XIIS 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458–470. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.583

Published
2024-02-06
How to Cite
Zamili, M., & Fitrotul Munawaroh. (2024). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 8(2), 199-215. https://doi.org/10.35316/edupedia.v8i2.3563
Abstract viewed = 238 times
PDF downloaded = 219 times