PENDAMPINGAN PRODUKSI PODCAST YOUTUBE UNTUK MENDEKATKAN TEKNOLOGI PADA SISWA MADRASAH NAUNGAN PESANTREN

  • Robi'ah Machtumah Malayati Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY) Tebuireng Jombang, Jawa Timur 61471, Indonesia
  • Sayidah Afyatul Masruroh Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY) Tebuireng Jombang, Jawa Timur 61471, Indonesia
Keywords: Creativity, Madrasah Students, Participatory Action Research, Podcast Production

Abstract

The Community Service Program (PkM) aims to introduce both the students of Madrasah Aliyah Nurul Qur'an Bendungrejo and the students to technology through the approach of producing content for YouTube podcasts. The PkM also aims to encourage the younger generation to be content producers in the digital era, not just consumers. This PkM is significant because, within the madrasah environment, previous activities have been focused on religious aspects, including limited extracurriculars such as the art of al banjari, khitobah, and qiroah. Hence, this PkM represents an innovative step. Using the Participatory Action Research (PAR) approach, the PkM involves students in identifying problems, seeking solutions, learning, and producing content for YouTube podcasts. The results have shown an improvement in their ability to conceptualize, interact, communicate, and produce content for YouTube podcasts. The PkM successfully enhanced the students' creativity and broadened their insights into opportunities in the digital domain. Sustained efforts are needed to equip the younger generation with relevant competencies to face technological advancements and social changes. This PkM has made a positive contribution by complementing madrasah activities and promoting the increased utilization of technology among both the santri and students.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adib, Muhammad, ‘Ketika Pesantren Berjumpa Dengan Internet: Sebuah Refleksi Dalam Perspektif Cultural Lag’, Jurnal Pusaka, 1.1 (2013), 1–10

Afandi, Agus, ‘Articipatory Action Research (Par) Metodologi Alternatif Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif’, Workshop Pengabdian Berbasis Riset di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 53.9 (2013), 1689–99

Anwar, Elsa Fitria, ‘Analisis Podcast Youtube Pada Knowledge Society Remaja Sma Negeri 1 Kota Pangkalan Kerinci (Podcast Youtube Gritte Agatha)’, Analisis Podcast Youtube Pada Knowledge Society Remaja Sma Negeri 1 Kota Pangkalan Kerinci (Podcast, 4564, 2022, 33–37

Candra, Muhammad Fazri, ‘Efektivitas Youtube Sebagai Media Promosi Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Unpas’, Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5.2 (2022), 231–36

Destariyadi, Ramadhan Ekagandhi, and Arif Wiyono, ‘Pelatihan Produksi Podcast Bagi Siswa Madrasah’, 3.1 (2022), 79–93

Di, Productivity, and Smks Al-ittihad Cianjur, ‘Pendampingan Desain Studio Podcast Untuk Peningkatan Workstation’, 5.3 (2023), 126–38

Elwani, Resti Sri, and Firman Kurniawan, ‘Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pemasaran Sosial Bagi Remaja’, Jurnal Komunikasi, 12.1 (2020), 64 <https://doi.org/10.24912/jk.v12i1.6654>

Fauzi Noor Rahman, dan Agus Fakhruddin, ‘Perancangan Video Berbasis Youtube Sebagai Media Pembelajaran PAI’, 19.2 (2021), 137

Fitriyadi, Muhammad Yudi, Muhammad Restu Rahman, Muhammad Rifqi Azmi, Jurnal Religion, Jurnal Agama, Muhammad Yudi Fitriyadi, and others, ‘Pengaruh Dunia It Terhadap Perilaku Remaja Generasi Z’, Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1.2 (2023), 21–37

Imarshan, Idham, ‘Popularitas Podcast Sebagai Pilihan Sumber Informasi Bagi Masyarakat Sejak Pandemi Covid-19’, Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 5.2 (2021), 213 <https://doi.org/10.24853/pk.5.2.213-221>

Jhalugilang, Paundra, Personal Branding”, 2018

Liutammi, Diva, and Ichwani Siti Utami, ‘Pemanfaatan Youtube Channel Sebagai Media Belajark Mengungkapkan Gagasan Peserta Didik Dalam Pembelajaran PPKN’, Wiyatamandala : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, I.I (2021), 46–64

Malayati, Robi’ah Machtumah, and Daniel Susilo, ‘Penitipan Handphone Sebagai Komunikasi Non Verbal Santri PPP Walisongo Desa Cukir Jombang’, Communication, 11.1 (2020), 94–111

Mukaromah, Mutia Rahmi Pratiwi, and Egia Rosi Subhiyakto, ‘Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Sebagai Media Publikasi Sekolah Melalui Media YouTube’, Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3.1 (2022), 15–22 <https://doi.org/10.37802/society.v3i1.217>

Mukrimaa, Syifa S., Nurdyansyah, Eni Fariyatul Fahyuni, Anis Yulia Citra, Nathaniel David Schulz, د. غسان, and others, Metodologi Pengabdian Masyarakat, Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2016, VI

Nurhayati, Emy, Upaya Pesantren Dalam Mengatasi Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Santri di Pesantren Sholahul Huda Al – Mujahidin Kecamatan Tumpang, 2021

Pratama, Fatsansyah Abimas, ‘Eksistensi Digital Content Podcast Pada Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya’ (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 2021)

Progres.Id, ‘Remaja AS Mulai Tinggalkan Facebook, Pilih Youtube Dan TikTok’, 2022, p. 1 <https://progres.id/berita-utama/remaja-as-mulai-tinggalkan-facebook-pilih-youtube-dan-tiktok.html> [accessed 10 August 2023]

Purwanto, Purwanto, Dhea Yustiana Safitri, and M. Pudail, ‘Edukasi Pencatatan Laporan Keuangan Sederhana Bagi Pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm)’, As-Sidanah : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5.1 (2023), 1–14 <https://doi.org/10.35316/assidanah.v5i1.1-14>

Rahmat, Abdul, and Mira Mirnawati, ‘AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal’, Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 06.01 (2020), 62–71

Sugihartati, Rahma, Perkembangan Masyarakat Informasi & Teori Sosial Kontemporer, Cetakan I (Jakarta: Prenada Media Group, 2014)

Wasillatun Fadilah, Mugi, ‘Efektivitas Penggunaan Media Youtube Dalam Pembelajaran Berbicara Kelas Viii Dengan Teknik Simulasi Pada Materi Teks Berita Di Smp Negeri 1 Bobotsari Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah Tahun Ajaran 2018/2019’, 2019, 1–14

Zawatal Afna, ‘Pengaruh Penggunaan Youtube Terhadap Public Speaking Siswa Berdasarkan Metode Impromptu dan Ekstemporer Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 2 Kuta Baro’, Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh, 8.5.2017, 2022, 2003–5

Published
2024-04-15
How to Cite
Malayati, R. M., & Masruroh, S. A. (2024). PENDAMPINGAN PRODUKSI PODCAST YOUTUBE UNTUK MENDEKATKAN TEKNOLOGI PADA SISWA MADRASAH NAUNGAN PESANTREN. As-Sidanah : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 34-59. https://doi.org/10.35316/assidanah.v6i1.34-59
Section
Articles
Abstract viewed = 142 times
FULL TEXT PDF downloaded = 169 times