Penambahan Larutan Daun Pepaya (Carica papaya Linn) pada Pakan Komersial Terhadap Pertumbuhan dan Sintasan Ikan Nila Nirwana (Oreochromis niloticus)

  • Atiek Pietoyo Program Studi Budidaya Ikan, Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran
  • Imas Nurjanah Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran
  • DH. Guntur Prabowo Program Studi Budidaya Ikan, Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran
  • Dinno Sudino Program Studi Budidaya Ikan, Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran
  • Rani Rehulina Tarigan Program Studi Budidaya Ikan, Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penambahan larutan daun pepaya yang diberikan pada pakan terhadap pertumbuhan dan sintasan ikan nila nirwana III (Oreochromis niloticus). Penilitian ini dilaksanakan di Balai Benih Ikan Kubangsari Kota Banjar Jawa Barat. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari 4 perlakuan dengan masing-masing 3 kali ulangan. Perlakuan yang diberikan yaitu, perlakuan A (50 ml/kg), perlakuan B (100 ml/kg), perlakuan C (150 ml/kg) dan Kontrol (0 ml/kg). Parameter yang diukur adalah sintasan dan pertumbuhan ikan. Hasil penelitian menunjukkan larutan daun pepaya berpengaruh terhadap Sintasan dan pertumbuhan ikan. Pemberian larutan daun pepaya pada sintasan, perlakuan C menghasilkan nilai terbaik yaitu sebesar 100%, kemudian disusul oleh perlakuan A dan B dengan nilai 93,3%. Sedangkan nilai terendah berada pada Kontrol dengan nilai 73,3%. Pada peningkatan laju pertumbuhan perlakuan A memberikan hasil peningkatan laju pertumbuhan terbaik dengan nilai sebesar 19,02 gr. Dan mengalami pertumbuhan panjang terbaik dengan nilai sebesar 3,23 cm. Kemudian menghasilkan laju pertumbuhan spesifik terbaik dengan nilai sebesar 45%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’yun, Q. dan A. N. Laily. 2015. Analisis Fitokimia Daun Pepaya (Carica papaya L.) Di Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi Kendalpayak, Malang. Tesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.

Aliyas., S. Ndobe, dan Z. R. Ya’la. 2016. Pertumbuhan dan Kelangsungan HidupIkan Nila (Oreochromis sp.) yang Dipelihara pada Media Bersalinitas. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako. 5(1): 19 – 27.

Ananda, T., D. Rachmawati, dan I. Samidjan. 2015. Pengaruh Papain Pada Pakan Buatan Terhadap Pertumbuhan Ikan Patin (Pangasius hypopthalmus). Journal of Aquaculture Management and Technology. 4(1): 47 – 53.

Badan Standar Nasional. 2009. Produksi Induk Ikan Nila Hitam (Oreochromis niloticus Bleeker) Kelas Induk Pokok. SNI 6139:2009.

Devani, V. dan S. Basriati. 2015. Optimasi Kandungan Nutrisi Pakan Ikan Buatam dengan Menggunakan Multi Objective Progring Model. Jurnal Sains Teknologi Industri. 12(2): 255 – 261.

Effendie, M. I. 2002. Biologi Perikanan. Cetakan Kedua. Yayasan Pustaka Nusantara. Yogyakarta.

Gaby, S. R., B. S. Rahardja, dan Agustono. 2014. Jumlah Total Bakteri dalam Saluran Pencernaan Ikan Gurami (Osphronemus gouramy) dengan Pemberian Beberapa Pakan Komersial yang Berbeda. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan. 6(1): 21 – 24.

Gemilang, W. A., G. A. Rahmawan, dan U. J. Wisha. 2017. Kualitas Perairan Teluk Ambon Dalam Berdasarkan Parameter Fisika dan Kimia pada Musim Peralihan I. Enviro Scienteae. 13(1): 79 – 90.

Hambali., E. Dewantoro, dan E. Prasetio. 2019. Efektivitas Ekstrak Daun Mengkudu (Morinda citrifolia) Sebagai Pengobatan Ikan Jelawat (Leptobarbus hoevenii) yang Diinfeksi dengan Bakteri Aeromonas hydrophila. Jurnal Borneo Akuatika. 1(2): 58 – 69.

Handjani, H. dan W. Widodo. 2010. Nutrisi Ikan. UMM Press, Malang. 270 hlm.

Hasan, O. D. S. 2000. Pengaruh Pemberian Enzim Papain dalam Pakan Buatan Terhadap Pemanfaatan Protein dan Pertumbuhan Benih Ikan Gurame (Osphronemus gouramy). Tesis. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Husni, S. 2019. Pengaruh Penambahan Daun Pepaya (Carica papaya) Sebagai Campuran Pakan untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis nilaticus). Skripsi. Progr Studi Akuakultur. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Borneo Tarakan. Tarakan.

Isnawati, N., R. Sidik, dan G. Mahasri. 2015. Potensi Serbuk Daun Pepaya untuk Meningkatkan Efisiensi Pemanfaatan Pakan, Rasio Efisiensi Protein dan Laju Pertumbuhan Relatif pada Budidaya Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan. 7(2): 121 – 124.

Kordi, K. dan H. Ghufran. 2010. Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal. Cetakan Pertama. Lily Publisher. Yogyakarta. 104 hlm.

Mapparimeng. 2016. Pengaruh Penambahan Ekstrak Daun Pepaya (C papaya) pada Ikan Nila (O. niloticus). Jurnal Agrominansia. 1(2): 148 – 158.

Marlina, E. dan Rakhmawati. 2016. Kajian Kandungan Amonia pada Budidaya Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Menggunakan Teknologi Akuaponik Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum). Prosiding Seminar Nasional Tahunan Ke-V. Hasil-Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan. 181 – 187.

Mulqan, M., S. A. E. Rahimi, dan I. Dewiyanti. 2017. Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Nila Gesit (Oreochromis niloticus) Pada Sistem Akuaponik Dengan Jenis Tanaman Yang Berbeda. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan dan Perikanan Unsyiah. 2(1): 183 – 193.

Mulyani, Y. S. 2014. Pertumbuhan dan Efisiensi Pakan Ikan Nila (Oreochromis niloticus) yang Dipuasakan Secara Periodik. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia. Fakultas Pertanian. Universitas Sriwijaya. Palembang. Sumatera Selatan.

Murjani, A. 2011. Budidaya Beberapa Varietas Ikan Sepat Rawa (Trichogaster trichopterus Pall) dengan Pemberian Pakan Komersial. Jurnal Fish Scientiae. 1(2): 214 – 233.

Rahmadhana, S., N. A. Fauzana, dan P. Ansyari. 2012. Pemberian Pakan Komersil dengan Penambahan Probiotik yang Mengandung Lactobacillus sp. Terhadap Kecernaan dan Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Skripsi. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Diponegoro. Diponegoro.

Saopiadi., S. Amir, dan A. A. Damayanti. 2012. Frekuensi Pemberian Pakan Optimum Menjelang Panen Pada Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Jurnal Perikanan Unram. 1(1): 14 – 21.

Suriyansyah. 2014. Pengaruh Padat Tebar yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan Ikan Nila Gift (Oreochromis niloticus) yang Dipelihara dalam Baskom Plastik. Skripsi. Progr Studi Budidaya Perairan. Universitas Antakusuma. Kalimantan Tengah.

Syahputra, S., S. Usman, dan R. Leidonald. 2016. Pengaruh Pemberian Enzim Papain pada Pakan Terhadap Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Benih Ikan Lele Dumbo (Clarias geriepinus). Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Tengjaroenkul, B., B. J. Smith., T. Caceci and S. A. Smith. 2000. Distribution of Intestinal Enzyme Activities Along the Intestinal Tract Of Cultured Nile Tilapia (Oreochromis niloticus). Journal Aquaculture. 182: 317 – 327.

Widyanti, W. 2009. Kinerja Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis niloticus) yang Diberi Berbagai Dosis Enzim Raican Rumen pada Pakan Berbasis Daun Lamtoro. Skripsi. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Wijayanti, M., H. Khotimah, A. D. Sasanti, S. H. Dwinanti, dan M. A. Rarassari. 2019. Pemeliharaan Ikan Nila (Oreochromis niloticus) dengan Sistem Akuaponik di Desa Karang Endah, Kecamatan Gelumbang, Kebupaten Muara Enim Sumatera Selatan. Journal of Aquaculture and Fish Health. 8(3): 139 – 148.

Yanuar, V. (2017). Pengaruh Pemberian Jenis Pakan yang Berbeda terhadap Laju Pertumbuhan Benih Ikan Nila (Oreochromis niloticus) dan Kualitas Air Di Akuarium Pemeliharaan. Jurnal Ziraa’ah. Vol 2(42): 91 – 99 hal.

Yue, G. H., H. Lin, dan J. Li. 2016. Tilapia is the Fish for Next – Generation Aquaculture. International Journal of Marine Science and Ocean Technology (IJMO). 3(1): 11 – 13.

Published
2022-10-31
How to Cite
Pietoyo, A., Nurjanah, I., Prabowo, D. G., Sudino, D., & Tarigan , R. R. (2022). Penambahan Larutan Daun Pepaya (Carica papaya Linn) pada Pakan Komersial Terhadap Pertumbuhan dan Sintasan Ikan Nila Nirwana (Oreochromis niloticus). Samakia : Jurnal Ilmu Perikanan, 13(2), 182 - 191. https://doi.org/10.35316/jsapi.v13i2.1448
Abstract viewed = 855 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 816 times