PENGEMBANGAN KURIKULUM MODEL GRASS ROOTS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI

  • Berkati Bu'ulolo Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta
  • Anwar Three Millenium Waruwu Pendidikan Agama Kristen, Sekolah Tinggi Ekumene Jakarta
Keywords: Young children, Curriculum, Grass-roots, English language, Technology

Abstract

Pendidikan bahasa Inggris pada anak usia dini semakin penting di era globalisasi saat ini, mengingat pentingnya kemampuan berbahasa Inggris dalam berbagai aspek kehidupan. Namun, tantangan dalam pengembangan kurikulum yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris pada anak usia dini masih terjadi. Artikel ini menguraikan langkah-langkah pengembangan kurikulum model grass roots dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris anak usia dini. Langkah-langkah ini meliputi identifikasi kebutuhan dan tujuan pembelajaran, melibatkan anak dan guru dalam proses pengembangan kurikulum, penyusunan materi pembelajaran yang menarik dan relevan, pengembangan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini, serta evaluasi dan perbaikan berkelanjutan. Prinsip-prinsip yang diterapkan dalam pengembangan kurikulum ini mencakup keberagaman, partisipasi aktif anak, kontekstualitas, dan kolaborasi antara anak, guru, dan orang tua. Selain itu, penggunaan teknologi dalam kurikulum model grass roots dapat meningkatkan motivasi belajar, memperluas akses terhadap konten pembelajaran, menyederhanakan proses pembelajaran, dan meningkatkan keterlibatan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum model grass roots yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum model grass roots dapat memberikan manfaat signifikan dalam pengajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini.



Kata Kunci: anak usia dini, kurikulum, grass roots, bahasa Inggris, teknologi

Author Biography

Anwar Three Millenium Waruwu, Pendidikan Agama Kristen, Sekolah Tinggi Ekumene Jakarta

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Kristen di STT Ekuemen Jakarta

References

Arfa, A., & Lasaiba, M. (2023). The Paradigm of Multi-Ethnic-Based Education in Indonesia: An Examination of Entities, Strategies, Models, and Learning Evaluation. JENDELA PENGETAHUAN, 16(1), 1-12. https://doi.org/10.30598/jp16iss1pp1-12

Arni, M. (2023). Efektivitas penggunaan teknologi dalam pembelajaran bahasa indonesia. STAI Darul Ulum Kandangan, 1.

Ayudia, I., Bhoke, W., Oktaria, R., Carmelita, M., Salem, V., & Khairani, M. (2023). Pengembangan kurikulum (Vol. 1). PT. Mifandi Mandiri Digital.

Divana Leli Anggraini, Marsela Yulianti, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran Guru dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53

Eka, J. (2020). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dengan Rentang Usia 0-6 Tahun. Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini, 12.

Fadlan, A., Ridwan, Nopriansyah, U., & Nurfaizah. (2021). Penerapan Metode TPR (Total Physical Respone) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4, 13.

Hidayati, N. N. (2017). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini dengan Kartu Bergambar. Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education (IJECIE), 1(1), Article 1. https://doi.org/10.35896/ijecie.v1i1.6

Iman, A.., Maliana, An An Andari, & Agus Sujarwo. (2023). Pengertian, Model, Prosedur Dan Implementasi Pengembangan Kurikulum di Mi Al Fatah. UNISAN JURNAL, 2(1), 296–309. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/746

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. NUSANTARA, 2. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Mazhabi, Z. (2019). Pengajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 50–62. https://doi.org/10.33474/thufuli.v1i2.4940

Muhamad, S., Rahardjo, A. B., & Mansir, F. (2023). Penerapan Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12, 17. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3161

Muttaqin, M. E. (2020). Evaluasi Kurikulum Pendidikan Islam. Prosiding Nasional, 3, 171–180.

Nurrizalia, M. N., & Nengsih, Y. K. N. (2022). Buku Ajar Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini Jalur Nonformal. Bening Media Publishing.

Priyanto, A. (2014). Pengembangan kreativitas pada anak usia dini melalui aktivitas bermain. 2.

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sitorus, J., Rantung, D. A., & Naibaho, L. (2023). Model Grassroots Sebagai Dasar Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Di Persekutuan Kristen Sma Negeri 13 Jakarta. Universitas Kristen Indonesia

Suhardiana, A. (2019). Peran Teknologi Dalam Mendukung Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4, 92. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.934

Sukariyadi, T. insyaf. (2022). Manajemen kurikulum. CV. pena persada,

Yufrinalis, M., Tirin, S. S. N. D., Supratman, M., Mbari, M. A. F., Yusuf, M., & Balik, L. M. (2022). Pendidikan profesi keguruan dan teknologi pendidikan. Bandung: Media Sains Indonesia.

Zubaedi, Kartikowati, & Endang. (2020). Pola pembelajaran 9 pilar karakter pada anak usia dini dan dimensi dimensinya. Jakarta: Pranada Media Grup.

Published
2024-04-15
How to Cite
Bu’ulolo, B., & Waruwu, A. T. M. (2024). PENGEMBANGAN KURIKULUM MODEL GRASS ROOTS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI. Atthufulah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 84-91. https://doi.org/10.35316/atthufulah.v4i2.4501
Abstract viewed = 64 times
FULL TEXT PDF downloaded = 49 times