MEDIA DIGITAL SEBAGAI ALAT PENGENALAN HURUF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KOMUNITAS MAGHRIB MENGAJI

  • Wresty Elsa Fitri Bahasa dan Kebudayaan Arab, Universitas Al-Azhar Indonesia
Keywords: Pembelajaran, Bahasa Arab, Anak-anak, Media Digital, Huruf

Abstract

Pengenalan huruf merupakan keterampilan penting bagi anak-anak untuk dipelajari, yang nantinya hal tersebut berfungsi sebagai dasar membaca dan menulis. Sebelum anak dapat mulai memadukan suku kata, atau menguasai dasar membaca awal lainnya, mereka memerlukan keterampilan dalam pengenalan huruf. Memprioritaskan aktivitas pengenalan huruf dengan cara yang menyenangkan, sederhana, dan menarik bagi anak merupakan salah satu metode yang baik untuk mendukung mereka mempersiapkan diri secara konsisten dan efektif.

                Bentuk pengenalan huruf dalam bahasa Arab ini dapat dilakukan dengan suatu alat yang berupa media digital, seperti dikemas ke dalam bentuk permainan, dalam bentuk cerita, lagu, ataupun media digital lainnya. Strategi yang ditentukan sebelumnya menjadi salah satu cara yang cara yang menarik untuk mengenalkan huruf Arab khususnya dalam komunitas maghrib mengaji. Dimana kegiatan maghrib mengaji merupakan bentuk kegiatan yang berada di daerah Warakas, Tanjung Priok yang mempengaruhi daya ingat serta pemahaman pada anak yang kedepannya dapat membantu dalam proses pembelajaran Bahasa Arab.

Author Biography

Wresty Elsa Fitri, Bahasa dan Kebudayaan Arab, Universitas Al-Azhar Indonesia

 

 

 

References

Alaleeli, S., & Alnajjar, A. (2020). The Arab Digital Generation’s Engagement With Technology: The Case Of High School Students In The Uae. Journal Of Technology And Science Education, 10(1), 159. http://doi.org/10.3926/jotse.756

Alfina, A., & Anwar, R. N. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak Paud Inklusi. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 36–47. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.975

Anwar, F. (2017). Perubahan Dan Permasalahan Media Sosial. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 137. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.343

Asnidar. (2016). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Gambar Pada Kelompok B Tk Al-Khairaat Tatura.

Campbell, S., Greenwood, M., Prior, S., Shearer, T., Walkem, K., Young, S., Bywaters, D., & Walker, K. (2020). Purposive Sampling: Complex Or Simple? Research Case Examples. Journal Of Research In Nursing, 25(8), 652–661. https://doi.org/10.1177/1744987120927206

Faizi, R., El Afia, A., & Chiheb, R. (2013). Exploring The Potential Benefits Of Using Social Media In Education. International Journal of Engineering Pedagogy (Ijep), 3(4), 50. https://doi.org/10.3991/ijep.v3i4.2836

Faridah, L. U. (2017). Pengenalan Bahasa Arab Untuk Anak Sejak Dini.

Gunawan, W. (2019). Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah. Jurnal Informatika, 6(1), 69–76. https://doi.org/10.31294/ji.v6i1.5373

Kamilia, I. R., & Miftahillah. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Flash Card Modifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Anak Kelompok A Di Ra Al Ishlahiyyah Desa Sambisirah Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan: Vol. Vol 5 No 1. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto.

Maqsudah, N., & Setyowati, R. I. (2016). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Belajar Anak Usia Dini Di Masa Covid-19 Berbasis Merdeka Belajar (Vols. 3, No 3). Prosiding Webinar Jurusan Ksdp.

Mona, Z. M. A. H. (2023). Efektifitas Program Pelatihan Menggunakan Strategi Cooperative Learning Together Untuk Memberikan Pendidikan Digital Story Skill Pada Mahasiswa Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Assiut, 39(2), 1–65. Http://Www.Aun.Edu.Eg/Faculty_Education/Arabic

Nur Azhar, N., Elisa, T., Mulyawan, S., Djati Bandung, G., Manajemen, J., & Niversitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Di Masa Pandemi (Vol. 1, Issue 14). Https://Proceedings.Uinsgd.Ac.Id/Index.Php/Proceedings

Pertiwi, A. B., Rahmawati, A., & Hafidah, R. (2021). Metode Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 9(2), 95. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.49037

Rini, M., Risnita, R., & Musa, M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Flash Card Di Raudhatul Athfal Baiturrahim Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Doctoral Dissertation, Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Risnawati, C., Asrori, I., & Hamid, M. A. (2021). Yufid Kids Cartoon Media Effectiveness In Learning Arabic For Early Children. Budapest International Research and Critics In Linguistics And Education (Birle) Journal, 4(2), 775–783. https://doi.org/10.33258/birle.v4i2.1840

Saputra, A. (2020). Pendidikan Dan Teknologi: Tantangan Dan Kesempatan. Indonesian Journal Of Islamic Educational Management, 3(1), 21–33.

Rochmah, S., Swandhina, M., & Maulana, R. (2020). Child Gesture as A Form Of Non-Verbal Communication. Applied Psycholinguistics, 31(1), 209–224. https://doi.org/10.1017/S0142716409990221

Suwidiyanti, S., & Anshori, I. (2021). School Strategy To Build Students’ Social Solidarity During Online Learning. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 28–41. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i1.1513

Syahrizal, H., & Nurhafizah. (2023). Dampak Metode Pembelajaran Kartu Huruf Hijaiyah Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini. Http://Ejournal.Yayasanpendidikandzurriyatulquran.Id/Index.Php/Dzurriyat

Tilaar, M. M., Dwi Waluyanto, H., & Wahyudi, A. T. (2020). Perancangan Media Sosial Friendship Counselling Bagi Remaja Di Surabaya.

Zazin, N., & Zaim, M. (2020). Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis Media Sosial Pada Generasi-Z

Published
2023-04-15
How to Cite
Fitri, W. E. (2023). MEDIA DIGITAL SEBAGAI ALAT PENGENALAN HURUF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KOMUNITAS MAGHRIB MENGAJI. Atthufulah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 69-73. https://doi.org/10.35316/atthufulah.v3i2.2936
Abstract viewed = 276 times
FULL TEXT PDF downloaded = 241 times