STRATEGI PENGEMBANGAN KECERDASAN MUSIKAL DENGAN BANTUAN GAMOLAN DI TK ALAM AL-KHAIR LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG

  • Ulwan Syafrudin Universitas Lampung
Keywords: kecerdasan musikal, alat musik gamolan, anak usia 5-6 tahun.

Abstract

Strategi pengembangan kecerdasan musikal dengan bantuan gamolan di tk alam al-khair labuhan ratu bandar lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru dalam mengembangkan kecerdasan musikal dengan bantuan alat musik gamolan pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini sebanyak 7 anak, yang dilakukan di TK Alam Al-Khair Labuhan Ratu Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Strategi dalam pelaksanaan aktivitas bermain gamolan yaitu dengan direct instruction memainkan alat musik gamolan dengan prosesnya yaitu pertama-tama anak dikenalkan terlebih dahulu bagaimana cara memegang pemukul lalu anak dikenalkan dengan angka 1-7 dengan bunyi do re mi sol la si do, lalu anak mengikuti instruksi ketukan lagu Tabuh Layang Kasiwan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut guru berhasil mengembangkan kepekaan anak terhadap irama, ketukan, melodi atau warna suara dalam bentuk komposisi musik yaitu dengan lagu Tabuh Layang Kasiwan.

References

Direktorat Pembinaan PAUD Kemdikbud. (2014). NSPK (Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria) PEDOMAN PRASARANA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.
Hasyimkan. (2011). Gamolan:Instrumen Musik Tradisional Lampung Bentuk, Fungsi dan Perkembangannya [Tesis sebagai syarat untuk mencapai derajat sarjana S2 pada program studi pengkajian seni pertunjukan dan seni rupa]. Universitas Gadjah Mada Yogyakara.
Jacobsen, D. A., Eggen, P., & Kauchak, D. (2009). Methods For Teaching : Metode-Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswi TK-SMA (9th ed.). Pustaka Pelajar.
Kupferberg, H. (1985). The Book of Classical Music Lists. Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.
Mahmudah, A., & Rohman, U. (2020). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband Di Tk Muslimat Nu 001 Ponorogo. 1.
Mulyasa. (2012). Manajemen Paud. Penerbit Remaja Rosdakarya.
Nurudin. (2004). Buku Sistem Komunikasi Indonesia. Raja Grafindo Persada.
Setyawati, T., Permanasari, A. T., & Yuniarti, T. C. E. (2017). Meningkatkan Kecerdasan Musikal Melalui Bermain Alat Musik Angklung (Penelitian Tindakan Pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Kota Serang-Banten). Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 2(1), 63–77.
Simatupang, L. (2013). Pergelaran Sebuah Mozaik Penelitian Seni Budaya. Jalasutra.
Sri Handayani, P., & Dwi Prasetiyawati D.H. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN MUSIKAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN ALAT MUSIK TRADISIONAL ANGKLUNG PADA ANAK KELOMPOK B RA KARAKTER SEMARANG. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(No 2).
Sujarweni, V. W. (2014). SPSS Untuk Penelitian (Florent, Ed.). Pustaka baru Press, 2014.
Utami, S. (2019, April). Multiple Intelligences: Platform Global Paling Efektif untuk Pendidikan Abad ke-21 dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Pendidikan, 251–257.
Yaumi, M. (2017, June 14). MEDIA PEMBELAJARAN: Pengertian, Fungsi, dan Urgensinya bagi Anak Milenial. Makalah Disajikan Pada Seminar Nasional Tentang Pemanfaatan Media Bagi Anak Milenial Kerjasama Antara Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Pare-Pare Dengan Pascasarjana UIN Alauddin Makassar.
Published
2024-04-15
How to Cite
Syafrudin, U. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN KECERDASAN MUSIKAL DENGAN BANTUAN GAMOLAN DI TK ALAM AL-KHAIR LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG. Atthufulah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 51-55. https://doi.org/10.35316/atthufulah.v4i2.2874
Abstract viewed = 30 times
FULL TEXT PDF downloaded = 42 times